Apa itu SPACEGAME ? SPACEGAME adalah simulasi pertempuran yang dikembangkan oleh SYNCORE Consulting untuk meningkatkan kemampuan team dalam mengatur dan eksekusi strategi. Apabila anda sedang mencari model pelatihan yang fun namun berbobot SPACEGAME bisa menjadi pilihan anda. Pelatihan ini mengkombinasikan kelebihan pelatihan model outbond dan pelatihan dalam kelas. Seringkali apabila kita melakukan Outbond peserta sulit mengkaitkan apa pelajaran yang bisa didapat dengan konteks sehari-hari. Berbeda dengan outbond, simulasi lebih memberikan gambaran yang mendekati dunia nyata. Meskipun demikian karena simulasi banyak praktek, maka simulasi sangat mengasyikkan. Peserta dijamin tidak bosan ketika mengikuti simulasi SPACEGAME.
Simulasi ini sudah dipakai oleh perusahaan, yayasan dan universitas untuk melatih karyawan dan mahasiswa bekerjasama dalam sebuah team, menyelesaikan tantangan bersama, merumuskan strategi dan mengeksekusi strategi. Mengapa simulasi? Simulasi adalah penyederhanaan dari kehidupan nyata. Situasi kehidupan nyata yang sangat dinamis, penuh persaingan dan tantangan digambarkan melalui sebuah pertempuran. Siapa yang lebih siap, lebih cepat dan lebih hebat dia akan menang, persis seperti didunia nyata. Model simulasi ini terbukti lebih efektif untuk melatih karyawan atau mahasiswa dalam memahami konsep manajemen organisasi dan strategi, karena mereka bisa menerapkan konsep dan mengamati hasilnya secara langsung.
Simulasi ini merupakan salah satu metode umum yang digunakan dalam militer. Untuk melatiha kemampuan prajurit, komandan dan jenderal dalam memenangkan suatu peperangan mereka membuat beragam skenario perang dan melihat bagaiman prajurit, komandan dan jenderal akan bereaksi atas berbagai skenario perang tersebut. Kalangan bisnis kemudian tertarik untuk mengadopsi pendekatan ini untuk melatih para eksekutif, manajer dan karyawan mereka.
Berikut ini gambaran SPACEGAME untuk peserta 500 orang yang diadakan pada tanggal 1 Mei 2014 di Yogyakarta
01. Pendaftaran dan pemetaan peserta
Sebelum ikut permainan atau simulasi peserta didaftar terlebih dahulu, dipelajari kharakteristiknya dan diminta melakukan beberapa tes psikologi. Hasil dari pemetaan tersebut akan digunakan untuk mengelompokkan peserta kedalam beberapa group.
02. Warming Up & Ice Breaking
Fasilitator akan mengajar peserta untuk melakukan warming up (pemanasan) karena nantinya simulasi ini akan ada beberapa kegiatan fisik. Ajang pemanasan ini dilanjutkan dengan Ice Breaking. Mulai dari sesi ini aroma persaingan sudah muncul antar kelompok.
03. Penjelasan Tematik
Fasilitator akan menjelaskan Tema dari kegiatan SPACEGAME. Tema yang biasa diusung adalah pembangunan kharakter atau budaya organisasi. Tujuan pembelajaran dan nilai-nilai yang akan diraih dijelaskan disini, sehingga nantinya peserta akan tahu apakah mereka mencapai tujuan-tujuan tersebut atau tidak.
04. Berkumpul dalam Kelompok
Fasilitator kemudian akan mengarahkan peserta untuk berkumpul dalam kelompok masing-masing untuk saling berkenalan. Kekompakan team sangat penting bagi kemenngan dalam simulasi SPACEGAME.
05. Game antar kelompok
Untuk melihat kekompakan team, maka dibuat beberapa game kelompok. Aroma persaingan antar kelompok menjadi sangat terasa ditahap ini.Setiap kelompok yang dapat memenangkan game akan mendapatkan poin. Poin ini dapat ditukar menjadi uang dalam simulasi SPACEGAME.
06. Pemilihan Commander
Selanjutnya Team akan berdiskusi untuk memilih Commander. Commander merupakan orang yang sangat penting dalam menentukan menang kalahnya team dalam simulasi. Dalam waktu hanya 3 menit mereka diminta untuk menentukan dengan segera siapa commander mereka.
07. Masa Edukasi
Fasilitator akan menjelaskan aturan main dan menjelaskan beberapa teknik kepada perwakilan Kelompok. Selanjutnya mereka harus menjelaskan hal tersebut ke kelompok masing-masing. Diperlukan kemampuan komunikasi yang tinggi untuk dapat melakukan hal ini.
Setelah masa edukasi selesai, maka dilajutkan ke masa produksi. Team harus membuat barang yang telah dilatihkan pada hari tersebut.Bagaimana team mengatur produksi akan menentukan sebearapa banyak hasil produksi.
Ketika bahan baku habis maka perwakilan kelompok akan membeli ke pasar. Mereka harus lebih cepat dari kelompok yang lain agar dapat memproduksi lebih banyak
09. Masa Invasi
Kelompok akan memutuskan untuk menyerang atau bertahan. Pada waktu ini tensi permainan menjadi tinggi. Seringkali ada negosiasi-negosiasi alot. Kelompok yang kalah semua anggota team dan kekayaan akan menjadi kelompok yang menang.
10. Final Battle
Permainan terus berlangsung sampai hanya tersisa dua kelompok. Dua kelompok tersebut kemudian melakukan final battle untuk menentukan pemenang akhir.
11. Evaluasi Permainan
Masing-masing kelompok diminta menjelaskan strategi permainan mereka, mengapa mereka menang dan mengapa mereka kalah. Apa pelajaran yang mereka bisa ambil dari simulasi tersebut?
12. Refleksi
Pembicara utama akan melakukan refleksi sesuai tematik yang dipilih. Peserta akan lebih mudah menangkap pesan karena mereka telah menerapkan konsep-konsep tersebut dalam simulasi .
12. Responsi
Peserta melakukan responsi untuk acara hari tersebut supaya pelajaran-pelajaran yang bisa diambil bisa dicatat dan didokumentasikan oleh masing-masing peserta. Peserta akan dinilai berdasarkan inisiatif dalam kelompok serta hasil responsi.
13. Penutupan
Tiba acara santai. Penutupan biasa diisi dengan perfomance dari peserta atau acara-acara hiburan lainnya. Sehingga peserta pulang dengan perasaan yang fresh !
Inilah orang-orang yang berada dibalik pelaksanaan SPACEGAME #500 orang dengan tema WIN FOR YOUR LIFE !
Tulis Komentar