Posts Tagged with pelatihan

posted by Syncore on June 24, 2024
Pembangunan rumah sakit merupakan proyek yang memerlukan perencanaan dan evaluasi menyeluruh. Salah satu langkah penting dalam perencanaan ini adalah melakukan studi kelayakan atau feasibility study. Studi kelayakan akan membantu dalam memastikan bahwa proyek rumah sakit layak atau tidak untuk dilaksanakan. Aspek dalam studi kelayakan antara lain mencakup aspek seperti finansial, teknis, dan pasar. Dalam artikel ini akan membahas panduan lengkap mengenai studi kelayakan rumah sakit beserta format feasibility study.Format Feasibility Study Rumah Sakit : PendahuluanBab pendahuluan mengungkapkan latar belakang mengenai alasan mengapa perlu menyusun studi kelayakan, tujuan dan manfaat studi kelayakan pada rumah sakit, serta pendekatan studi yang . . . Read more
posted by Syncore on June 14, 2024
 Dalam era digital yang terus berkembang, adopsi sistem keuangan dan akuntansi modern menjadi semakin penting bagi bisnis dari segala ukuran. Sistem ini tidak hanya membantu dalam pengelolaan keuangan perusahaan, tetapi juga mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan strategi bisnis yang lebih efektif. Artikel ini akan membahas mengapa adopsi sistem keuangan dan akuntansi sangat penting dan bagaimana hal itu dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.1. Efisiensi OperasionalSalah satu keuntungan utama dari adopsi sistem keuangan dan akuntansi adalah peningkatan efisiensi operasional. Sistem memungkinkan otomatisasi banyak tugas yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti pencatatan transaksi, rekonsiliasi bank, dan pembuatan laporan keuangan. . . . Read more
posted by Syncore on June 6, 2024
                   Di tengah dinamika industri kesehatan yang kian kompleks, faktanya pengelolaan risiko bisnis menjadi kunci utama bagi keberlanjutan rumah sakit. Selaras dengan hal tersebut, dalam webinar RSID.ID bertajuk "Pemahaman Manajemen Risiko Bisnis dan Respon yang Efektif bagi Keberlanjutan Rumah Sakit" yang terselenggara pada tanggal 17 Mei 2024 membahas mendalam tentang manajemen risiko bisnis.Webinar yang dihadiri oleh 177 peserta dari berbagai kalangan, termasuk akademisi, pemerintah, RSUD, dan RSU Swasta, menghadirkan Dr. Rudy Suryanto, S.E.,M.Acc.,Ak.,CA. Wakil Rektor 2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sekaligus penggagas RSID.ID, sebagai narasumber utama. Dalam paparannya, Dr. Rudy menekankan pentingnya penerapan . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 13, 2023
Tanggal 9 Agustus 2023 kembali dilaksanakan pelatihan manajemen dasar keuangan UMKM kloter kedua yang diselenggarakan di kalurahan Trimurti, Kabupaten Bantul.Adelia Sulistyani, seorang konsultan keuangan dari Syncore Consulting, kembali dipercaya sebagai narasumber utama. Dengan dedikasi dan metodenya yang sistematis, Adelia berhasil menyampaikan konsep-konsep manajemen keuangan dengan jelas dan menarik. Materi pelatihan tidak hanya bersifat teoretis, namun juga praktis, memungkinkan peserta untuk langsung menerapkan ilmu yang didapatkan.Sebagai bagian dari inovasi dalam pelatihan, setiap peserta diberikan akses eksklusif ke platform SAAB. Ini adalah sebuah langkah maju, mengingat SAAB merupakan alat digital yang dapat memudahkan UMKM dalam memahami, mencatat, dan menganalisis keuangan usahanya. Keberadaan . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 13, 2023
Tanggal 8 Agustus 2023 Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop) Bantul, bekerja sama dengan Syncore Consulting dan Kejar UMKM (Kelompok Belajar UMKM) sebagai narasumber pelatihan manajemen keuangan bagi 18 pelaku UMKM di Bantul. Adelia Sulistyani selaku konsultan keuangan dari syncore consulting ditugaskan menjadi narasumber pada pelatihan di sesi ini. Pelatihan berlangsung dengan lancar dan telah memberikan manfaat langsung yang dirasakan oleh para peserta.Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi dan sangat kooperatif selama pelatihan berlangsung. Mereka aktif berpartisipasi dalam setiap sesi dan berbagi pengalaman serta tantangan mereka dalam mengelola keuangan usaha mereka. Ini membantu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kolaboratif, yang . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Pelatihan dan pengembangan dapat meningkatkan efektivitas Satuan Pengendali Internal (SPI) dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Berikut adalah beberapa cara pelatihan dan pengembangan dapat membantu meningkatkan efektivitas SPI: Memperkuat kompetensi teknis dan profesional: Pelatihan dapat membantu SPI meningkatkan kompetensi teknis dan profesional mereka dalam bidang audit internal, pengendalian internal, risiko manajemen, dan kepatuhan. Hal ini dapat membantu mereka memahami lebih baik tugas dan tanggung jawab mereka dan meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.Meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan interpersonal: Pelatihan dapat membantu SPI meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan interpersonal mereka, seperti kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, berkolaborasi, memimpin tim, dan memfasilitasi diskusi. Hal ini dapat . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Tata kelola keuangan perusahaan adalah suatu sistem atau proses yang digunakan untuk mengelola keuangan perusahaan secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya keuangan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Tata kelola keuangan perusahaan mencakup beberapa aspek, antara lain: Perencanaan keuangan: Menentukan sumber dan penggunaan dana perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.Pengendalian keuangan: Membuat kebijakan dan prosedur untuk mengontrol arus kas, pengeluaran dan pendapatan perusahaan.Akuntansi dan pelaporan keuangan: Merekam dan melaporkan transaksi keuangan perusahaan untuk memastikan akurasi dan transparansi informasi keuangan perusahaan.Pengelolaan risiko keuangan: Menentukan dan mengelola risiko yang berkaitan dengan keuangan perusahaan seperti risiko kredit, . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Tata kelola keuangan perusahaan merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen perusahaan. Hal ini dikarenakan tata kelola keuangan perusahaan yang baik dapat memberikan banyak manfaat, seperti meminimalkan risiko keuangan, meningkatkan efisiensi, meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan, dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelatihan tata kelola keuangan perusahaan dapat menjadi salah satu investasi yang sangat berharga bagi perusahaan.Berikut adalah langkah-langkah cara daftar pelatihan tata kelola keuangan perusahaan yang dapat Anda lakukan:Tentukan Kebutuhan PelatihanSebelum memulai proses pendaftaran, pertama-tama Anda perlu menentukan kebutuhan pelatihan tata kelola keuangan perusahaan yang tepat untuk perusahaan Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Sistem pengendalian internal adalah suatu sistem yang dirancang dan diterapkan oleh suatu organisasi untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien, serta untuk membantu organisasi mematuhi hukum, peraturan, dan kebijakan yang berlaku. Sistem pengendalian internal terdiri dari berbagai proses, kebijakan, prosedur, dan praktik bisnis yang berfungsi untuk melindungi aset organisasi, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mencegah dan mendeteksi kesalahan dan penipuan, serta memastikan akuntabilitas dan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan yang berlaku. Pelatihan sistem pengendalian internal penting untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan karyawan dalam menerapkan dan mempraktikkan sistem pengendalian internal di organisasi mereka. Untuk mendaftar pelatihan SPI (Sistem Pengendalian . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Banyaknya kasus terkait Pelatihan Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang menimpa instansi-instansi, menunjukkan betapa pentingnya SPI dalam mencegah kecurangan, kesalahan, dan kerugian dalam bisnis. Dengan memiliki sistem pengendalian internal yang kuat dan efektif, instansi dapat meminimalkan risiko serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi mereka. Namun, banyak instansi yang masih kesulitan dalam menerapkan sistem pengendalian internal tersebut. Maka dari itu, perlu adanya pelatihan yang berkualitas. Pelatihan SPI merupakan sebuah program pelatihan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan pengetahuan seseorang dalam membangun, menerapkan, dan memantau SPI. Khususnya yang berhubungan dengan aspek keuangan di sebuah instansi.Program ini untuk staf keuangan atau stakeholder yang terlibat dalam . . . Read more