posted by tito on March 22, 2017

PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM AUDIT

DAN LAPORAN HASIL AUDIT SPI BLUD


A. LATAR BELAKANG

Dalam Organisasi / Perusahaan fungsi dan peranan audit internal sangatlah penting dan menjadi posisi strategis sebagai pengawas jalannya perusahaan. Akan tetapi di BLUD Satuan Pengendali Internal belum berjalan sebagaimana mestinya, dan sesuai dengan amanat PP No 23/2005, Permendagri No 61/2007 dan UU No 44/2009 Pasal 39 bahwa “dalam penyelenggaraan rumah sakit harus dilakukan audit”, maka keberadaan Satuan Pemeriksa / Pengawas Internal (SPI) di rumah sakit yang menjalankan fungsi pemeriksaan sekaligus membantu memberikan solusi terhadap unit kerja di bawahnya, sangat diperlukan.

Dan juga sesuai dengan paradigma baru internal audit sebagaimana diatur dalam PP 60/2008 atau yang lebih dikenal dengan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), maka peran SPI adalah sebagai mitra strategis manajemen dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan, salah satunya adalah menurunkan resiko terjadinya fraud atau kecurangan.

Karena pembentukan Satuan Pengendali Internal diwajibkan sesuai dengan Permendagri 61 Tahun 2007 pasal 122 bahwa BLUD perlu pembinaan dan pengawasan maka BLUD akan membentu SPI, akan tetapi pada prakteknya SPI yang telah terbentuk belum sepunuhnya paham apa tugas dan fungsi SPI BLUD, jika beberapa sduah menjalankan fungsinya tetapi belum memberikan solusi yang baik bagi unit unit di BLUD tersebut.

B. MATERI

Kami telah menyiapkan materi/kurikulum Pelatihan Pengelolaan Keuangan BLUD Puskesmas selama 2 (dua) Hari yang terdiri dari 8 (delapan) sesi sebagai berikut :

    1. Pengelolaan Keuangan BLUD & Tugas Pokok dan Fungsi SPI BLUD
    2. Perencanaan Audit Tahunan
    3. Pengendalian Mutu Audit
    4. Langkah langkah Persiapan Audit Internal
    5. Penyusunan Program Audit Internal Keuangan dan Non Keuangan
    6. Penyusunan Kertas kerja dan pelaporan Audit Internal
    7. Tindak Lanjut Audit Internal

C. SASARAN PESERTA

1. Satuan Pengawas Internal (SPI)

2. Dewan Pengawas BLUD

3. Kepala Bagian/Bidang, Manajer Menengah dan Bawah, Pejabat Struktural


D. NARASUMBER DAN FASILITATOR

1. Rudy Suryanto, SE., M.Acc., AK, CA (sebelumnya adalah Senior Auditor di PricewaterhouseCooper & Ernst & Young, kemudian melanjutkan S2 di Master of Accounting in University of Melbourne, dan saat ini adalah dosen di UMY, Kepala Business and Accounting Innovation Center(BAIC), Sekretaris Asosiasi Konsultan Keuangan Mitra Bank DIY dan Senior Partner di Syncore sebagai ahli keuangan)

2. Andri Yandono, SE, MM (sebagai dewan pengawas RSUD Kota Yogyakarta dan RSUD Panembahan SenopatiBantul, Kepala Keuangan RSUD Panembahan Senopati Bantul, Tim Penilai BLUD kabupaten Bantul)

3. dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH, PhD (Divisi Manajemen Mutu PERSI Pusat, Dewan Pakar ARSADA Jawa Tengah, Pengelola Akademik Magister Manajemen RS UGM)

4. Ir.Bejo Mulyono, M.ML (Kasubdit BLUD Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, Pemerhati Keuangan BLUD)

5. dr. Bambang Haryatno, M.Kes (Kepala dinas kesehatan kulonprogo, DIY)

6. dr. RM. Okie Hapsoro Binanda Putra, M.Kes, MMR (Kepala Dinas Kesehatan Kab. Wonosobo, Jawa Tengah)

7. Serta beberapa praktisi dan pemerhati BLUD

Sdri. Diana Septi A

Telp Kantor : +62 274 488599

Hp/WhatsApp : +62 877-3890-0800

Hp/Whatsapp : +62 822-7490-0800

Email: training@syncore.co.id

One comment

#125
silvia says:
July 18, 2017 at 09:13 am
kami membutuhkan pelatihan spi rumah sakit mohon infonya

Tulis Komentar