Renstra adalah dokumen organisasi yang berisi 9 butir penting dan kegunaannya lebih ke arah panduan manajerial secara internal.
1.Latar Belakang
2. Profil Organisasi
Sejarah pendirian
Landasan hukum termasuk struktur kepemilikan
Bidang usaha yang dijalankan
Perkembangan usaha yang sudah ada selama ini
Kinerja keuangan (Kemampuan keuangan)
3. Perumusan Visi, Misi, Core Value (Nilai Dasar Organisasi) dan Tujuan
Visi dan Misi organisasi
Core Value organisasi lama ataupun yang baru
Tujuan (Umum dan Khusus)
4. Analisis Faktor Eksternal (Bisa menggunakan analisis SWOT)
Kondisi Pasar (Demand, Angka Kesakitan, Angka kecelakaan, Angka kematian, Pencarian Pelayanan, Peluang, Bisnis perumahsakitan pada umumnya di daerah tersebut)
Kondisi Persaingan (Banyaknya Penyedia Jasa Kesehatan, Klinik baru)
Kebijakan perumahsakitan yang ada (UU, PP, Permenkes)
Kondisi ekonomi secara umum (Pertumbuhan ekonomi, Inflasi, Tingkat gaji di tempat / RS lain)
Perkembangan teknologi (Ketersediaan teknologi di pasar, harga teknologi)
Pasokan bahan baku (Obat, Bahan makan, Bahan habis pakai)
Pasokan SDM (Dr, Perawat, Analis, tenaga kesehatan yang lain)
5. Analisis Faktor Internal (Bisa menggunakan analisis SWOT)
Kekuatan pemilik (Seluruh persyaratan perijinan dan sarana prasarana, Jaringan yang dimiliki)
Kekuatan keuangan (Sumber pendanaan, besar dana, kemudahan mobilisasi)
Keunggulan / Kekuatan bersaing
Kekuatan pengendalian manajemen (Struktur Organisasi, Job_Desc, Pemanfaatan metode manajemen, Morning report, Rapat Koordinasi, Reward & Punishment)
Fleksibilitas manajemen (Keterbukaan, Inovasi, Adaptasi)
Inovasi produk pelayanan (Produk unggulan, Produk keunikan, Kecepatan pemikiran produk baru)
Kemampuan SDM (Kuantitas, Kompetensi, Keahlian khusus)
Kepemilikan & Penguasaan teknologi (Alat kedokteran, alat penunjang, termasuk SIM_Puskesmas)
Kondisi Bangunan (Standarisasi, Kelengkapan ruang, kemudahan akses)
Lokasi Puskesmas (Akses, Jarak dengan konsentrasi tempat tinggal masyarakat)
Penghargaan yang pernah diperoleh oleh RS
6.Penentuan Posisi Organisasi (Berdasarkan hasil kajian faktor eksternal dan faktor internal) W-T, W-O, S-T atau S-O
7.Penentuan Strategi, Tujuan Strategis dan Sasaran Strategis (Berdasarkan posisi organisasi yang telah dihasilkan sebelumnya)
8.Penentuan Kebijakan Dasar (Basic Policy dalam berusaha)
9.Operasionalisasi Renstra (Penyusunan Strategic Action Plan / SAP tingkat organisasi)
Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini
Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?
Anda dapat menghubungi:
Rahmadani Lutfiawati
CP: 082 274 900 800 / fia@syncoreconsulting.com
Diana Septi A
CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id
Telepon Kantor: 0274 – 488 599
Untuk informasi lebih lengkap kunjungi web kami : www.syncore.co.id
Tulis Komentar