Contoh SOP Keuangan
Rekan-rekan entepreneur dan pelaku UKM
Ketika usaha kita berkembang, kita sadar bahwa kita perlu membakukan proses bisnis kita. Proses bisnis yang baku, memudahkan kita untuk mengendalikan, mengawasi dan memastikan kualitas output. Pelaksana di lapangan pun akan bekerja lebih mudah kalau ada proses yang baku. Perusahaan menjadi tidak tergantung pada orang, tetapi pada system. Sehingga ketika ada karyawan yang sakit, cuti atau resign, proses bisnis tetap berjalan dengan lancar.
Namun begitu, menyusun SOP bagi sebagian besar orang adalah proses yang sulit. Sebenarnya prinsipnya sederhana, yaitu tulis yang anda kerjakan, dan kerjakan yang anda tulis ! Namun prakteknya memang tidak semudah itu, anda seringkali butuh pendamping untuk memetakan dan menuliskan proses bisnis anda tersebut ke dalam bentuk yang mudah dibaca dan dimengerti orang lain.
Selama pengalaman kami mendampingi banyak perusahaan dalam menyusun SOP, kami telah mengembangkan prosedur dan format standar yang berlaku hampir di setiap perusahaan.
Kami lampirkan format SOP standar kami berikut ini, untuk menjadi panduan bagi anda dalam menyusun SOP.
Download disini.
Tulis Komentar