posted by ika on September 22, 2017

 

Laporan keuangan SAK merupakan hal yang baru bagi BLUD, terlebih lagi pejabat keuangan dan jajarannya di BLUD khususnya Puskesmas hampir tidak ada yang berlatarbelakang akuntansi. Sehingga hal ini menjadi kendala teknis bagi pejabat keuangan dan jajarannya termasuk bendahara dalam menyusun Laporan Keuangan SAK. Menyusun Laporan Keuangan SAK secara manual memang tidak mudah bagi bendahara puskesmas, namun dengan dibantu tools berupa aplikasi PPK BLUD menyusun Laporan Keuangan menjadi hal yang mudah dan cepat.

Menyusun Laporan Keuangan SAK semester 1 dapat dengan mudah dilakukan menggunakan bantuan aplikasi PPK BLUD dengan didampingi oleh tim BLUD dari PT. Syncore Indonesia. Menyusun Laporan Keuangan SAK dapat dikatakan mudah karena yang harus dilakukan oleh puskesmas hanya menginput data keuangan (BKU) penerimaan dan pengeluaran selama semester 1. Pendampingan yang dilakukan selama tiga hari adalah pendampingan ke masing-masing bendahara puskesmas untuk menginput data keuangannya.

Data-data yang dibutuhkan oleh masing-masing bendahara Puskesmas untuk menyusun Laporan Keuangan Semester 1 adalah:

  1. BKU Penerimaan BLUD, yaitu data pencatatan transaksi penerimaan baik tunai maupun non tunai dari berbagai sumber dana. Misalkan data penerimaan tunai dari pasien umum, data penerimaan non tunai dari kapitasi dan klaim BPJS, serta penerimaan lain-lain.
  2. BKU Pengeluaran BLUD, yaitu data pencatatan pengeluaran kas baik kas tunai maupun pengeluaran kas bank. Serta data penerimaan dana untuk dibelanjakan (data penerimaan UP/GU).
  3. Neraca tahun sebelumnya. Posisi keuangan tahun sebelumnya dijadikan sebagai saldo awal tahun berjalan.

Hal-hal yang harus dilakukan oleh bendahara dari masing-masing puskesmas untuk menyusun Laporan Keuangan Semester 1 antaralain sebagai berikut:

  1. Input data keuangan (BKU) penerimaan dan pengeluaran semester 1 tahun 2017, dari bulan januari sampai dengan juni 2017.
  2. Input saldo awal 2017, data yang dibutuhkan adalah posisi keuangan (Neraca) tahun 2016 sebagai saldo awal 2017.
  3. Cek hasil inputan di BKU Penerimaan dan BKU Pengeluaran yang dihasilkan oleh sistem. BKU di sistem harus sesuai dengan BKU manual.
  4. Input saldo awal tahun berjalan menggunakan data Neraca tahun sebelumnya di menu Saldo Awal.
  5. Input jurnal penyesuaian yang dibutuhkan pada saat cut off periode di menu Jurnal Umum.
  6. Posting, klik ‘Posting Sekarang’ pada menu Posting.
  7. Cek Laporan Keuangan yang dihasilkan oleh sistem.

Untuk melihat juklak lengkap cara input data silahkan ke menu juklak klik di sini

Tulis Komentar