posted by Syncore on June 13, 2024

 

Tim Syncore Consulting melakukan kunjungan ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Petanahan, Kebumen pada Selasa, 28 Mei 2024. Tim terdiri dari Iszar Prastowo selaku Partnership serta Khatami Angga Kusumah dan Habib Fuady Rasyid selaku Konsultan. Kunjungan tersebut bertujuan untuk silaturahmi sekaligus diskusi dengan Ibu Astuti, selaku Direktur Keuangan dan juga Ibu Dyas selaku Manajer Keuangan Rumah Sakit PKU Petanahan terkait dengan kendala-kendala yang sedang dialami oleh RS.

Dalam forum diskusi tersebut, di ketahui bahwa RS PKU Muhammadiyah Petanahan merupakan salah satu RS Tipe D yang ada di Petanahan, Kabupaten Kebumen yang sedang berkembang. Total karyawan rumah sakit sebanyak 203 orang (sudah termasuk dokter spesialis).RS PKU Muhammadiyah Petanahan memiliki total 50 tempat tidur pada semua kelas layanan dengan Bed Occupation Rate (BOR) 70%. Selain itu, rumah sakit juga telah meningkatkan fasilitas untuk pasien. Hal tersebut terlihat dari adanya tambahan gedung-gedung baru rumah sakit.

Kemudian, dalam operasional rumah sakit, RS PKU Muhammadiyah Petanahan sudah menggunakan SIMRS untuk mengakomodir kebutuhan sistem informasi manajemennya. Namun, untuk keuangan rumah sakit, belum menggunakan system atau masih manual (menggunakan excel). Hal ini berpotensi menimbulkan ketidakefisienan pada bagian keuangan. Pencatatan manual dapat menyebabkan kesalahan dalam pencatatan transaksi yang diakibatkan karena kesalahan manusia (human error). Kesalahan tersebut akan menimbulkan berkurangnya keakuratan dalam pelaporan keuangan yang akhirnya mempengaruhi pengambilan keputusan manajemen serta kepatuhan terhadap regulasi yang kurang tepat.

Bu Astuti, selaku direktur keuangan, menilai bahwa untuk mengatasi permasalahan ini, RS PKU Muhammadiyah Petanahan perlu menggunakan sistem aplikasi keuangan supaya lebih efektif dan efisien. Tim Konsultan Syncore Consulting menjelaskan kepada pihak RS PKU Muhammadiyah Petanahan tentang manfaat penggunaan aplikasi pada sistem keuangan rumah sakit.

Mengapa Penting Memilih SAAB?

Syncore Consulting hadir dengan sebuah software unggulan yang bernama Sistem Akuntansi dan Analisis Bisnis (SAAB). SAAB secara khusus ditujukan untuk rumah sakit dengan tujuan membantu para pengambil keputusan dalam mengevaluasi keuangan sesuai dengan standar akuntansi. SAAB memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

  1. System yang terintegrasi mulai dari pencatatan hingga pelaporan;
  2. Data real-time dan akurat;
  3. Dashboard yang informatif;
  4. Fitur keamanan yang kuat;
  5. Pencatatan fleksibel;
  6. User akses bisa lebih dari satu orang;
  7. User friendly;
  8. Menyajikan laporan buku bantu secara otomatis, dan
  9. Dapat integrasi dengan SIMRS.

Kemudian, dari tim RS PKU Muhammadiyah Petanahan memberikan tanggapan positif dan antusias tentang hal tersebut ini. Tim Konsultan Syncore Consulting berkomitmen untuk dapat membantu dan memberikan Solusi atas permasalahan yang ada di rumah sakit, terutama bidang keuangan. Syncore Consulting memiliki pengalaman sejak tahun 2010 dalam penyusunan feasibility study, rencana strategis, master plan serta system keuangan bagi Rumah Sakit dengan konsultan profesional dan tenaga ahli di bidangnya. Syncore Consulting menjadi pilihan pertama bagi Pentahelix (Pemerintah - Akademisi - Praktisi - Komunitas - Media) untuk mengatasi masalah manajemen maupun keuangan rumah sakit. Dengan metode ATMR (Asses - Treat - Monitor - Review), Syncore Consulting siap turut serta mengembangkan rumah sakit Anda untuk memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia.

Tulis Komentar