Perkembangan dunia bisnis khususnya di Jogja saat ini sangat pesat. Mulai dari bisnis kuliner, fashion, property, dsb. Dari yang berjualan secara langsung maupun melalui online. Sehingga para pengusaha saat ini dituntut harus pandai menentukan strategi dalam mengelola bisnisnya agar dapat bersaing dengan para kompetitor.
Meskipun bisnisnya sekarang masih dalam skala mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tetapi pemilik harus memikirkan kelangsungan usahanya dalam jangka panjang agar bisnis tersebut dapat berkembang menjadi perusahaan yang besar. Pemilik harus mempunyai strategi supaya produk yang ditawarkan sesuai dengan minat dan kebutuhan para konsumen.
Untuk menentukan strategi, terlebih dahulu kita harus memahami mengenai bisnis kita. Kita harus menetukan tujuan apa yang ingin kita capai dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan mengetahui tujuan, maka kita mempunyai arah kemana bisnis akan berjalan. Kemudian langkah selanjutkan adalah melakukan analisis mengenai bisnis kita. Dalam dunia akuntansi, analisis yang sering dipakai adalah analisis SWOT.
Analisis SWOT yaitu analisis dengan memahami mengenai Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Dengan melakukan analisis tersebut kita dapat menentukan strategi apa yang harus kita tentukan yang sesuai dengan kondisi bisnis yang sedang dijalankan.
Tulis Komentar