Posts Tagged with blu

posted by admin on April 11, 2014
PUSKESMAS dan RSUD adalah ujung tombak pemberian pelayanan kepada masyarakat. Paska penetapan ketentuan BPJS di tahun 2014, peran PUSKESMAS menjadi semakin vital lagi sebagai PPK TK 1 (Penyedia Pelayanan Kesehatan Tingkat 1) dan RSUD sebagai PPK TK 2 (Penyedia Pelayanan Tingkat 2). Untuk meningkatkan pelayanan PUSKESMAS dan RSUD, maka PUSKESMAS dan RSUD harus mendapatkan fleksibilitas dan kewenangan lebih. Hal tersebut bisa dilakukan apabila PUSKESMAS dan RSUD mendapatkan status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD). Permasalahannya dari sekitar 641 RSUD baru 50% yang mendapatkan status BLUD penuh dan dari 9000 PUSKESMAS di Indonesia baru sekitar 400 atau 4.7% . . . Read more
posted by admin on April 11, 2014
Rumah Sakit Umum Daerah wajib menjadi BLUD. Hal ini sesuai ketentuan dalam UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Bukan itu saja Kementrian Kesehatan juga telah mewajibkan PUSKESMAS yang memiliki rawat inap untuk menjadi BLUD. Paska pengesahan BPJS, RSUD yang belum menjadi BLUD tentu akan semakin kesulitan dalam mengelola keuangannya, mengingat BPJS menggunakan sistem kapitasi. Mengapa sudah ada kewajiban bagi BLUD dan juga PUSKESMAS yang memiliki rawat inap untuk menjadi BLUD, tetapi baru 50% dari total 641 RSUD di Indonesia yang telah menjadi BLUD? Mengapa baru 400 dari 9000 PUSKESMAS yang telah menjadi BLUD? Salah satu masalah utama adalah kendala SDM. . . . Read more
posted by admin on November 26, 2013
RSUD Polewali baru pada awal tahun 2013 ini ditetapkan sebagai BLUD bertahap. Manajemen RSUD Polewali diberi tugas untuk menuntaskan semua persyaratan yang diperlukan sehingga pada akhir tahun bisa ditetapkan sebagai BLUD penuh. Salah satu yang perlu dilengkapi adalah penyusunan laporan keuangan pokok yang terdiri dari Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Catatan atas Laporan Keuangan dan Rekonsiliasai LRA dan Laporan Operasional. Manajemen RSUD dipimpin langsung oleh Ibu Direktur dan terdiri dari staff dan pimpinan bagian keuangan, anggaran dan akuntansi, serta didampingi dai Inspektorat Daerah, Kepala Dinas Pendapatan dan bagian keuangan Pemda Polewali, mengikuti pelatihan selama 3 hari dari tanggal 18 sampai . . . Read more
posted by admin on November 26, 2013
01. Pelatihan Pengelolaan Keuangan BLU - Staff Keuangan UNSOED Purwokerto 02. Pelatihan Pengelolaan Keuangan BLU - Staff Keuangan UNSOED Purwokerto 03. Pelatihan Pengelolaan Keuangan BLU - Staff Keuangan UNSOED Purwokerto 04. Pelatihan SOP Keuangan BLU - PIP Semarang 05. Pelatihan SOP Keuangan BLU - PIP Semarang 06. Pelatihan SOP Keuangan BLU - PIP Makasar  07. Pelatihan SOP Keuangan BLU - PIP Makasar 08. Pelatihan SOP Keuangan BLU - PIP Makasar 09. Finalisasi Penyusunan SOP Keuangan BLU - PIP Semarang 10. Finalisasi SOP Keuangan - PIP Semarang 11. Pelatihan SOP Keuangan RSUD BLUD - RSUD KRATON Pekalongan 12. Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi 12. Review Akhir Penyusunan SOP Keuangan PIP Makasar 13. . . . Read more
posted by admin on April 2, 2014
JADWAL PELATIHAN SYNCORE 2014 SYNCORE selalu berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang berkualitas untuk membantu bagian keuangan BLU, RSUD, PUSKESMAS, PERGURUAN TINGGI, BUMN dan UMKM dalam menjalankan tugas-tugasnya. Tema-tema kami meliputi pelatihan penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran atau Business Plan, Pelatihan Penyusunan SOP, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan, Pelatihan Audit Internal dan tema-tema lain, seperti penerapan PSAK ETAP, Penerapan IFRS, Implementasi Standar Audit Internasional ISA serta tema-tema lain yang bisa di request oleh peserta. Anda bisa menghubungi kami di training@syncore.co.id atau di 087-738-900-800 untuk konfirmasi lebih lanjut.           No Pelatihan Tanggal 1.   Penyusunan RBA untuk RSUD /Puskesmas BLUD Senin – Rabu 14 -15- 16 April 2014 2.   Sistem Pengendalian Internal (SPI) . . . Read more
posted by admin on April 2, 2014
Kami saat ini tengah menyusun Modul Pengelolaan Keuangan Puskesmas dan RSUD BLUD sebagai referensi pimpinan BLUD dan bagian keuangan BLUD. Materi-materi ini merupakan kompilasi dari peraturan-peraturan, bahan-bahan BIMTEK serta pengalaman kami di lapangan. Sistematika Bab dalam Modul Tersebut adalah Tahapan dan Tatatacara Pengajuan Status Pengelolaan Keuangan BLUD Penyusunan Tata Kelola BLUD dan Pengelolaan SDM BLUD Penyusunan Standar Pelayanan Minimal BLUD, Perhitungan Unit Cost dan Penentuan Tarif Penyusunan Rencana Strategis Bisnis BLUD Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran BLUD Penyusunan Pedoman Kebijakan Keuangan BLUD Penyusunan Sistem Prosedur Pengelolaan Pendapatan & Piutang BLUD Penyusunan Sistem Prosedur Pengadaan dan Pengelolaan Hutang BLUD Penyusunan Sistem Prosedur Pengelolaan Persediaan BLUD Penyusunan Sistem Prosedur Pengelolaan . . . Read more
posted by admin on April 2, 2014
PROGRAM 1 – Pendampingan Review Penyusunan Tata Kelola & Tata Aturan   Latar Belakang     : Fleksibilitas BLUD harus dipayungi oleh tata aturan yang memadai. Menurut kajian kami kurang lebih ada 8 aturan yang harus disahkan dengan Perbub, meliputi tata kelola, sistem keuangan, pengangkatan pegawai BLUD, pengadaan BLUD dll.  Tujuan                  :    Review Penyusunan Tata Kelola & Tata Aturan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kebijakan-kebijakan pengelolaan BLUD telah diatur dan disahkan dengan Perbub, sebagai dasar hukum yang kuat untuk pedoman pelaksanaan  Output                  :    1.  Memo Review – telaah Tata Kelola dan Tata aturan 2.  Draft Tata Aturan (memungkinkan ada tambahan waktu dan . . . Read more
posted by admin on April 2, 2014
PROGRAM 2 – Pendampingan Penyusunan Sistem Pelayanana Minimal (SPM)   Latar Belakang     :    Sistem Pelayanan Minimal akan menjadi indikator bagi penyusunan RSB (Rencana Strategis Bisnis). SPM harus disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi PUSKESMAS sesuai dengan ketetentuan kementrian kesehatan dan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah   Tujuan                  :    Memastikan SPM telah disusun sesuai dengan ketentuan, minimal memenuhi poin penilaian pengajuan status BLU   Output                  :    1.  Memo Review – telaah SPM dibandingkan dengan ketentuan kementrian kesehatan dan kebijakan pemerintah daerah.   2.  Revisi atau Penyusunan Draft SPM (memungkinkan ada tambahan waktu dan biaya sesuai tingkat kesulitan) . . . Read more
posted by admin on May 16, 2013
Pada akhir tahun 2012, Pemerintah mengeluarkan ketentuan petunjuk penilaian Kinerja Pengelolaan Keuangan BLU sesuai Perdijern Perbendaharaan PER 38/2012. Peraturan ini merupakan petunjuk teknis atas penilaian kinerja keuangan BLU dan mulai diterapkan di tahun 2012 untuk menilai kinerja keuangan tahun 2011. Setelah dilakukan penilaian ternyata banyak BLU yang tidak bisa memenuhi kriteria pengelolaan baik (minimal skor CCC). Hal ini cukup memprihatinkan, karena diantara BLU tersebut ada beberapa BLU yang mengelola dana-dana masyarakat yang cukup besar. Mengapa BLU yang besar bisa mendapatkan penilaian yang kurang baik? Karena dasar penilaian dari PER 36 PB 2012 ini meliputi berbagai aspek. Aspek-aspek tersebut cukup rumit. Untuk itu . . . Read more
posted by Rudy Syncore on September 5, 2013
PENAWARAN PELATIHAN & PENDAMPINGAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU)   PT SYNCORE INDONESIA   Bapak ibu semua pengelola Rumah Sakit dan Pendidikan Tinggi dengan pola pengelolaan keuangan BLU, menindaklanjuti permintaan informasi mengenai jadwal pelatihan BLU, bersama ini kami sampaikan jadwal pelatihan selama bulan September dan Oktober 2013           Keterangan 1.       Biaya Per Peserta adalah Rp3.750.000 (Tigajutatujuhratuslimapuluhribu rupiah) (diluar akomodasi) 2.       Fasilitas peserta adalah Tas, Materi, Snack dan Makan Siang. Tempat di Hotel di Jogjakarta. 3.       Setiap Peserta akan melakukan pre test dan post test dan mendapatkan sertifikat. 4.       Pemateri antara lain adalah : a.       Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak (Konsultan Senior SYNCORE) b.      Moh. Mahsun, SE.M.Si.CA.CPA (Konsultan BLU) c.       Triambarsih SE (Konsultan Rumah Sakit) d.      Praktisi RSUD BLUD . . . Read more