Rencana Pelaksanaan Kegiatan
Tujuan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) dalam akreditasi PUSKESMAS:
- Pencocokan pelaksanaan dengan perencanaannya
- Mengetahui kapan pelaksanaan dan seleseainya kegiatan
- Mengetahui siapa saja yang terlibat
- Mendapatkan kegiatan yang sistematis termasuk biaya
- Memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pekerjaan
- Mendeteksi hambatan yang akan ditemui
- Mengarahkan pada pencapaian tujuan
Langkah Penyusunan RPK
- Tahap persiapan (mempersiapkan staf yang terlibat)
- Tahap analisis situasi (untuk memperoleh informasi mengenai keadaan dan permasalahan yang dihadapi)
- Tahap Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan:
- Analisis Masalah:
Identifikasi Masalah
1.Menetapkan urutan prioritas masalah
2.Merumuskan masalah
3.Mencari akar penyebab masalah
4.Penyusunan rencana usulan kegiatan
Tahap penyusunan rencana pelaksanaan kegiatan adalah:
- Mempelajari alokasi kegiatan dan biaya yang sudah disetujui.
- Membandingkan alokasi kegiatan yang disetujui dengan RUK yang diusulkan dan situasi pada saat penyusunan RPK.
- Menyusun rancangan awal, rincian dan volume kegiatan yang akna dilaksanakan serta sumber daya pendukung menurut bulan dan lokasi pelaksanaan.
- Mengadakan lokakarya mini tahunan untuk membahas kesepakatan RPK.
- Membuat RPK yang telah disusun dalam bentuk matriks.
Penataan Dokumen
Untuk memudahkan didalam pencarian dokumen akreditasi Puskesmas/FKTP dikelompokan masing- masing bab/kelompok pelayanan/UKM dengan diurutkan setiap urutan kriteria dan elemen penilaian, dan diberikan daftar secara berurutan.
Sumber : Rudy Suryanto, SE., M.Acc.
Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini
Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?
Anda dapat menghubungi:
Rahmadani Lutfiawati
CP: 082 274 900 800 / fia@syncoreconsulting.com
Diana Septi A
CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id
Telepon Kantor: 0274 – 488 599
Untuk informasi lebih lengkap kunjungi web kami : www.syncore.co.id
One comment
Tulis Komentar