Perusahaan atau organisasi nirlaba saat ini semakin sadar tentang pentingnya SOP. SOP atau standard operational procedur adalah dokumen tertulis yang berisi panduan untuk urut-urutan, tata kerja, dokumentasi dan pelaporan. SOP menjadi penting karena perusahaan saat ini dituntut untuk berjalan by system bukan by person.
SOP itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain
- SOP Pelayanan Prima
- SOP Operasional
- SOP Keuangan
- SOP HRD
Kami memiliki pengalaman membantu beberapa perusahaan untuk menyusun SOP Keuangan. Pertanyaan yang umum muncul adalah bagaimana cara SYNCORE membantu penyusunan SOP?
Kami telah memiliki template / referensi tentang SOP Keuangan di berbagai jenis usaha. Namun kami sadar bahwa setiap perusahaan memiliki kharakteristik dan kebutuhan berbeda-beda. Untuk itu kami selalu memulai penyusunan SOP dengan melakukan mapping (pemetaan terlebih dahulu). Kami melakukan mapping dengan melakukan telaah terhadap dokumen-dokumen yang ada dan wawancara dengan Direktur, Manajer maupun staff-staff kunci. Hasil dari pemetaan tersebut adalah gambaran tentang kebutuhan, ekspektasi, kendala dan gambaran SOP yang akan dihasilkan.
Tahap selanjutnya kami akan melakukan disain berdasarkan data-data dan pemetaaan yang telah berhasil dilakukan tersebut, dengan menggunakan kerangka yang kami kembangkan seperti tergambar dalam gambar berikut ini:
Hasil dari SOP Keuangan adalah dokumen tertulis berbentuk buku. Ada dua buku yaitu
Buku 1 - Pedoman Kebijakan Keuangan dan Akuntansi
Buku 2 - Prosedur Akuntansi dan Keuangan
Tulis Komentar