posted by admin on August 14, 2012

Laporan keuangan merupakan elemen penting dalam pengelolaan perusahaan. Laporan keuangan berfungsi sebagai indikator untuk kesehatan dan kinerja perusahaan. Kesehatan perusahaan tercermin dari perbandingan harta dan kewajiban perusahaan. Sedangkan kinerja perusahaan terlihat dari bagaimana perusahaan mendapatkan profit. Selain itu laporan keuangan juga menunjukkan kemampuan perusahan dalam mengelola kas yang ada.

Selain berfungsi secara internal, laporan keuangan juga memiliki fungsi eksternal dalam hal untuk pertanggungjawaban kepada pemegang saham, ataupun melengkapi syarat pengajuan kredit. Sering orang berfikir bahwa laporan keuangan adalah laba rugi atau transaksi kas keluar masuk. Sehingga ketika ditanya, apakah anda memiliki laporan keuangan, mereka spontan menjawab iya, padahal yang mereka miliki masih pembukuan sederhana.

Memang ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk bisa menghasilkan laporan keuangan yang terdiri dari

  1. Neraca
  2. Laba Rugi
  3. Arus Kas
  4. Laporan Perubahan Modal
  5. Catatan Atas Laporan Keuangan .

Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) adalah bagian yang tidak terpisahkan dari suatu laporan keuangan. CALK ini terdiri dari informasi umum perusahaan, kebijakan akuntansi yang diterapkan di perusahaan dan rincian dari masing-masing akun / rekening dalam laporan keuangan. Untuk itu diperlukan suatu system untuk bisa menghasilkan laporan keuangan seperti diatas. Karena satu komponen dengan komponen lain dalam laporan keuangan saling terhubung, contoh

  1. Jumlah Asset harus sama dengan jumlah kewajiban ditambahkan modal
  2. Jumlah modal saat ini harus sama dengan jumlah modal awal ditambah laba ditahan sampai dengan awal periode ditambah laba periode berjalan.
  3. Laba periode berjalan di neraca harus sama dengan laba bersih di laporan laba rugi
  4. Jumlah kas saat ini harus sama dengan jumlah kas tahun lalu ditambah kenaikan/penurunan kas di laporan arus kas.

Kami telah membantu beberapa perusahan untuk menata dan mendampingi proses penyusunan laporan keuangan. Proses ini kami lakukan secara bertahap, sehingga pada akhirnya staff perusahaan bisa mandiri dalam menyusun laporan keuangan. Proses penyusunan laporan keuangan tersebut dilakukan dengan menggunakan software yang kami kembangkan sendiri yaitu SYNCORE PRO dan SYNCORE GENIO.

Apabila anda tertarik dengan jasa kami tersebut, silahkan menghubungi admin@syncore.co.id atau kontak via telepon di 0812299-111-97.

Tulis Komentar