Tahapan Audit Internal
- Tahap I : penyusunan rencana audit: menentukan unit-unit kerja yang akan diaudit, tujuan audit, jadual audit, dan menyiapkan instrumen audit
- Tahap II: pengumpulan data dengan menggunakan instrumen audit yang disusun berdasar standar/kriteria tertentu
- Tahap III: analisis data audit, perumusan masalah, prioritas masalah dan rencana tindak lanjut audit
- Tahap IV: pelaporan dan diseminsasi hasil audit
Menyusun rencana audit (audit plan)
Perencanaan audit internal terdiri dari beberapa langkah sebagai berikut:
- Tujuan audit internal: contoh: melakukan penilaian kinerja dibandingkan strandar kinerja
- Lingkup audit: menjelaskan unit kerja yang akan diaudit
- Objek audit: apa saja yang perlu diaudit
- Alokasi waktu: berapa lama akan dilakukan
- Metoda audit: komunikasi internaksi secara langsung, metoda survei, dsb
- Persiapan audit: persiapan auditor, penetapan kriteria audit, penyusunan instrumen audit
- Laporan hasil audit: perhatikan format laporan
Contoh Form : Rencana Audit
Auditor |
- Pengumpulan data pada pelaksanaan audit dilakukan dengan berbagai metoda:
- Mengamati proses pelaksanaan kegiatan
- Meminta penjelasan/mewawancarai pada auditee
- Meminta peragaan oleh auditee
- Memeriksa dan menelaah dokumen
- Memeriksa dengan menggunakan daftar tilik
- Mencari bukti-bukti
- Melakukan pemeriksaan silang
- Mencari informasi dari sumber luar
- Menganalisis data dan informasi
- Menarik kesimpulan
- Memberikan rekomendasi
- Untuk bisa mengumpulkan data dengan baik, maka perlu disusun instrument pengumpulan data
Menyusun instrument audit
Contoh Form Instrumen Audit
No | Standar/Kriteri audit yang diacu | Daftar pertanyaan/observasi | Fakta | Temuan audit | Rekomendasi |
Lampiran PMK 75/2015 ttg tenaga puskesmas (khususnya tenaga kefarmasian) | |||||
Standar akreditasi Bab 8.2 | |||||
SOP penyimpanan B3 |
Analisis Data
- Membandingkan fakta yang diperoleh pada waktu proses pengumpulan data dibandingkan dengan kriteria audit yang digunakan
- Bila ditemukan kesenjangan (adanya gap antara fakta dengan kriteria), maka auditor bersama auditee melakukan analisis lebih lanjut untuk mengenal penyebab timbulnya kesenjangan, dan menyusun rencana perbaikan
Menyusun laporan audit
- Hasil audit harus dilaporkan kepada Kepala Puskesmas/FKTP dan kepada unit yang diaudit.
- Hasil audit juga dilaporkan pada saat rapat tinjauan manajemen:
- Hasil audit
- Tindak lanjut yang telah dilakukan
- Kendala pada waktu perbaikan
Tulis Komentar