posted by admin on May 14, 2020

 IMG_20160418_133259

Tahapan Audit Internal

  • Tahap I : penyusunan rencana audit: menentukan unit-unit kerja yang akan diaudit, tujuan audit, jadual audit, dan menyiapkan instrumen audit
  • Tahap II: pengumpulan data dengan menggunakan instrumen audit yang disusun berdasar standar/kriteria tertentu
  • Tahap III: analisis data audit, perumusan masalah, prioritas masalah dan rencana tindak lanjut audit
  • Tahap IV: pelaporan dan diseminsasi hasil audit

Menyusun rencana audit (audit plan)

Perencanaan audit internal terdiri dari beberapa langkah sebagai berikut:

  • Tujuan audit internal: contoh: melakukan penilaian kinerja dibandingkan strandar kinerja
  • Lingkup audit: menjelaskan unit kerja yang akan diaudit
  • Objek audit: apa saja yang perlu diaudit
  • Alokasi waktu: berapa lama akan dilakukan
  • Metoda audit: komunikasi internaksi secara langsung, metoda survei, dsb
  • Persiapan audit: persiapan auditor, penetapan kriteria audit, penyusunan instrumen audit
  • Laporan hasil audit: perhatikan format laporan

Contoh Form : Rencana Audit

Auditor
Pelaksanaan Audit
  • Pengumpulan data pada pelaksanaan audit dilakukan dengan berbagai metoda:
    • Mengamati proses pelaksanaan kegiatan
    • Meminta penjelasan/mewawancarai pada auditee
    • Meminta peragaan oleh auditee
    • Memeriksa dan menelaah dokumen
    • Memeriksa dengan menggunakan daftar tilik
    • Mencari bukti-bukti
    • Melakukan pemeriksaan silang
    • Mencari informasi dari sumber luar
    • Menganalisis data dan informasi
    • Menarik kesimpulan
    • Memberikan rekomendasi
  • Untuk bisa mengumpulkan data dengan baik, maka perlu disusun instrument pengumpulan data

Menyusun instrument audit

Contoh Form Instrumen Audit

NoStandar/Kriteri audit yang diacuDaftar pertanyaan/observasiFaktaTemuan auditRekomendasi
Lampiran PMK 75/2015 ttg tenaga puskesmas (khususnya tenaga kefarmasian)
Standar akreditasi Bab 8.2
SOP penyimpanan B3

Analisis Data

  • Membandingkan fakta yang diperoleh pada waktu proses pengumpulan data dibandingkan dengan kriteria audit yang digunakan
  • Bila ditemukan kesenjangan (adanya gap antara fakta dengan kriteria), maka auditor bersama auditee melakukan analisis lebih lanjut untuk mengenal penyebab timbulnya kesenjangan, dan menyusun rencana perbaikan

Menyusun laporan audit

  • Hasil audit harus dilaporkan kepada Kepala Puskesmas/FKTP dan kepada unit yang diaudit.
  • Hasil audit juga dilaporkan pada saat rapat tinjauan manajemen:
    • Hasil audit
    • Tindak lanjut yang telah dilakukan
    • Kendala pada waktu perbaikan

Untuk daftar artikel bisa klik disini !

Untuk download contoh dokumen akreditasi bisa klik disini !

Tulis Komentar