posted by admin on May 14, 2020
BABJUDULJUMLAH STANDARJUMLAH KRITERIAJUMLAH ELEMEN PENILAIAN (EP)
IPenyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP)31359
IIKepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP)629121
IIIPeningkatan Mutu dan Manajemen Risiko (PMMR)1732
IVUpaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS)31053
VKepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM)722101
VISasaran Kinerja UKM (SKUKM)1629
VIILayanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP)1033151
VIIIManajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK)736172
IXPeningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP)41258

Standar-standar diatas bisa dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu

Kelompok standar Administrasi dan Manajemen

  1. Bab I:
    1. Perencanaan puskesmas
    2. Akses masyarakat thd puskesmas
    3. Evaluasi kinerja puskesmas
  2. Bab II:
    1. Tatakelola sarana, pengelolaan sdm
    2. Pengelolaan Puskesmas: pengorganisasian, komunikasi dan koordinasi, pengelolaan keuangan, pengelolaan data dan informasi
  3. Bab III:
    1. Peningkatan mutu dan manajemen risiko

Screen Shot 2016-08-26 at 9.40.19 AM

Kelompok Standar UKM

  1. Bab IV:
    1. Analisis kebutuhan masyarakat sebagai dasar perencanaan kegiatan tiap-tiap UKM
    2. Akses sasaran thd UKM
    3. Evaluasi kinerja UKM
  2. Bab V:
    1. Tanggung jawab dalam pengelolaan UKM
    2. Pengelolaan tiap-tiap UKM: Perencanaan prgoram/kegiatan UKM, pengorganisasian, komunikasi dan koordinasi, akuntabilitas pengelolaan UKM, hak dan kewajiban sasaran
  3. Bab VI:
    • Sasaran kinerja UKM: komitmen dan peran dalam perbaikan kinerja UKM, tata nilai dalam penyelenggaraan program/kegiatan UKM, Upaya perbaikan kinerja berkesinambungan berdasarkan analisis kinerja untuk tiap-tiap UKM, keterlibatan sasaran dalam perbaikan kinerja UKM

Kelompok standar UKP

  1. Bab VII:
    1. Kesinambungan pelayanan klinis (continuity of care): mulai dari pendaftaran sampai dengan pemulangan atau rujukan
  2. Bab VIII:
    1. Manajemen penunjang pelayanan klinis: pelayanan lab, obat, radiodiagnostik, rekam medis, manajemen keamanan lingkungan puskesmas, manajemen peralatan klinis, manajemen sdm klinis
  3. Bab IX:
    1. Peningkatan mutu pelayanan klinis dan keselamatan pasien

Screen Shot 2016-05-31 at 3.50.36 AM

Untuk daftar artikel bisa klik disini !

Untuk download contoh dokumen akreditasi bisa klik disini !


Tulis Komentar