BAB | JUDUL | JUMLAH STANDAR | JUMLAH KRITERIA | JUMLAH ELEMEN PENILAIAN (EP) |
I | Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP) | 3 | 13 | 59 |
II | Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP) | 6 | 29 | 121 |
III | Peningkatan Mutu dan Manajemen Risiko (PMMR) | 1 | 7 | 32 |
IV | Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS) | 3 | 10 | 53 |
V | Kepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM) | 7 | 22 | 101 |
VI | Sasaran Kinerja UKM (SKUKM) | 1 | 6 | 29 |
VII | Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP) | 10 | 33 | 151 |
VIII | Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK) | 7 | 36 | 172 |
IX | Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP) | 4 | 12 | 58 |
Standar-standar diatas bisa dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu
Kelompok standar Administrasi dan Manajemen
- Bab I:
- Perencanaan puskesmas
- Akses masyarakat thd puskesmas
- Evaluasi kinerja puskesmas
- Bab II:
- Tatakelola sarana, pengelolaan sdm
- Pengelolaan Puskesmas: pengorganisasian, komunikasi dan koordinasi, pengelolaan keuangan, pengelolaan data dan informasi
- Bab III:
- Peningkatan mutu dan manajemen risiko
Kelompok Standar UKM
- Bab IV:
- Analisis kebutuhan masyarakat sebagai dasar perencanaan kegiatan tiap-tiap UKM
- Akses sasaran thd UKM
- Evaluasi kinerja UKM
- Bab V:
- Tanggung jawab dalam pengelolaan UKM
- Pengelolaan tiap-tiap UKM: Perencanaan prgoram/kegiatan UKM, pengorganisasian, komunikasi dan koordinasi, akuntabilitas pengelolaan UKM, hak dan kewajiban sasaran
- Bab VI:
- Sasaran kinerja UKM: komitmen dan peran dalam perbaikan kinerja UKM, tata nilai dalam penyelenggaraan program/kegiatan UKM, Upaya perbaikan kinerja berkesinambungan berdasarkan analisis kinerja untuk tiap-tiap UKM, keterlibatan sasaran dalam perbaikan kinerja UKM
Kelompok standar UKP
- Bab VII:
- Kesinambungan pelayanan klinis (continuity of care): mulai dari pendaftaran sampai dengan pemulangan atau rujukan
- Bab VIII:
- Manajemen penunjang pelayanan klinis: pelayanan lab, obat, radiodiagnostik, rekam medis, manajemen keamanan lingkungan puskesmas, manajemen peralatan klinis, manajemen sdm klinis
- Bab IX:
- Peningkatan mutu pelayanan klinis dan keselamatan pasien
Untuk daftar artikel bisa klik disini !
Untuk download contoh dokumen akreditasi bisa klik disini !
Tulis Komentar