Rapat Tinjauan Manajemen adalah pertemuan yang dilakukan oleh manajemen secara periodic untuk meninjau kinerja system manajemen mutu, dan kinerja pelayanan/upaya PUSKESMAS untuk memastikan kelanjutan, kesesuaian, kecukupan dan efektivitas system manajemen mutu dan system pelayanan.
Rapat Tinjauan Manajemen dipimpin oleh wakil manajemen mutu (penanggungjawab manajemen mutu).
Kharakteristik Rapat Tinjauan Manajemen
- Berkala
- Direncanakan dengan baik
- Didokumentasikan dengan baik
- Mengevaluasi efektivitas penerapan sistem manajemen mutu dan dampaknya pada mutu dan kinerja
- Membahas perubahan yang perlu dilakukan
- Hasil pertemuan ditindak lanjuti
- Tindak lanjut dipantau pelaksanaannya
- Pihak manajemen dan pelaksana yang terkait diundang dalam rapat
- Pertemuan diawali dengan pembahasan hasil dan tindak lanjut pertemuan tinjauan manajemen sebelumnya
- Dilaksankan dengan agenda yang jelas
- Menghasilkan luaran:
- Rencana perbaikan
- Rencana peningkatan kepuasan pelanggan
- Rencana pemenuhan sumber daya yang diperlukan
- Rencana perubahan-perubahan untuk mengakomodasi persyaratan produk/layanan/pelanggan
Input Tinjauan Manajemen
- Hasil audit internal
- Umpan balik pelanggan
- Kinerja proses
- Pencapaian sasaran-sasaran mutu/indikator-indikator kinerja
- Status tindakan koreksi dan pencegahan yang dilakukan
- Tindak lanjut tehadap hasil tinjauan manajemen yang lalu
- Kebijakan mutu dan kebijakan pelayanan/upaya Puskesmas
- Perubahan yang perlu dilakukan terhadap system manajemen mutu dan system pelayanan/penyelenggaraan upaya Puskesmas
Output Tinjauan
Keputusan dan tindakan yang berhubungan dengan:
- peningkatan efektivitas system manajemen mutu dan system pelayanan
- peningkatan pelayanan terkait dengan persyaratan pelanggan,
- identifikasi perubahan-perubahan yang diperlukan baik pada system manajemen mutu maupun system pelayanan
- penyediaan sumber daya yang perlu dilakukan agar SMM dan system pelayanan efektif
Agenda dan Langkah Persiapan
Agenda Rapat Tinjauan Manajemen
- Pembukaan oleh Wakil Manajemen Mutu
- Arahan dari Kepala Puskesmas
- Tinjauan terhadap pertemuan tinjauan manajemen yang lalu
- Pembahasan hasil audit internal
- Permbahasan umpan balik/keluhan pelanggan
- Hasil penilaian kepuasan pelanggan
- Hasil penilaian kinerja
- Masalah-masalah operasional yang terkait dengan penerapan sistem manajemen mutu, penyelenggaraan pelayanan (klinis dan UKM)
- Rencana perbaikan/perubahan yang perlu dilakukan baik pada sistem manajemen mutu maupun sistem pelayanan (klinis dan UKM)
- Rekomendasi untuk perbaikan
- Penutup
Langkah-langkah Pertemuan Tinjauan Manajemen
- Penanggung jawab manajemen mutu bersama Kepala FKTP mempersiapkan pertemuan tinjauan manajemen: rencana waktu, tempat, agenda, dan siapa saja yang akan diundang
- Penanggung jawab manajemen mutu mengundang peserte pertemuan
- Penanggung jawab manajemen mutu memimpin pertemuan tinjauan manajamen: melaksanakan sesuai agenda, memimpin proses paparan/diskusi selama pertemuan berlangsung
- Penanggung jawab manajemen mutu memberikan umpan balik/simpulan rapat tinjauan manajemen
- Penanggung jawab manajemen mutu melakukan pemantauan perbaikan sesudah pertemuan tinjauan manajemen
Tulis Komentar