posted by admin on May 14, 2020

 IMG_20160418_133151

Rencana Pelaksanaan Kegiatan

Tujuan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK)

  • Pencocokan pelaksanaan dengan perencanaannya
  • Mengetahui kapan pelaksanaan dan seleseainya kegiatan
  • Mengetahui siapa saja yang terlibat
  • Mendapatkan kegiatan yang sistematis termasuk biaya
  • Memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pekerjaan
  • Mendeteksi hambatan yang akan ditemui
  • Mengarahkan pada pencapaian tujuan

Langkah Penyusunan RPK

  1. Tahap persiapan (mempersiapkan staf yang terlibat)
  2. Tahap analisis situasi (untuk memperoleh informasi mengenai keadaan dan permasalahan yang dihadapi)
  3. Tahap Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan:
  4. Analisis Masalah:

Identifikasi masalah

Menetapkan urutan prioritas masalah

Merumuskan masalah

Mencari akar penyebab masalah

  1. Penyusunan rencana usulan kegiatan
  2. Tahap penyusunan rencana pelaksanaan kegiatan:
  3. Mempelajari alokasi kegiatan dan biaya yang sudah disetujui.
  4. Membandingkan alokasi kegiatan yang disetujui dengan RUK yang diusulkan dan situasi pada saat penyusunan RPK.
  5. Menyusun rancangan awal, rincian dan volume kegiatan yang akna dilaksanakan serta sumber daya pendukung menurut bulan dan lokasi pelaksanaan.
  6. Mengadakan lokakarya mini tahunan untuk membahas kesepakatan RPK.
  7. Membuat RPK yang telah disusun dalam bentuk matriks.

Penataan Dokumen

  • Untuk memudahkan didalam pencarian dokumen akreditasi Puskesmas/FKTP dikelompokan masing- masing bab/kelompok pelayanan/UKM dengan diurutkan setiap urutan kriteria dan elemen penilaian, dan diberikan daftar secara berurutan.

Untuk daftar artikel bisa klik disini !

Untuk download contoh dokumen akreditasi bisa klik disini !

Tulis Komentar