Rencana Pelaksanaan Kegiatan
Tujuan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK)
- Pencocokan pelaksanaan dengan perencanaannya
- Mengetahui kapan pelaksanaan dan seleseainya kegiatan
- Mengetahui siapa saja yang terlibat
- Mendapatkan kegiatan yang sistematis termasuk biaya
- Memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pekerjaan
- Mendeteksi hambatan yang akan ditemui
- Mengarahkan pada pencapaian tujuan
Langkah Penyusunan RPK
- Tahap persiapan (mempersiapkan staf yang terlibat)
- Tahap analisis situasi (untuk memperoleh informasi mengenai keadaan dan permasalahan yang dihadapi)
- Tahap Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan:
- Analisis Masalah:
Identifikasi masalah
Menetapkan urutan prioritas masalah
Merumuskan masalah
Mencari akar penyebab masalah
- Penyusunan rencana usulan kegiatan
- Tahap penyusunan rencana pelaksanaan kegiatan:
- Mempelajari alokasi kegiatan dan biaya yang sudah disetujui.
- Membandingkan alokasi kegiatan yang disetujui dengan RUK yang diusulkan dan situasi pada saat penyusunan RPK.
- Menyusun rancangan awal, rincian dan volume kegiatan yang akna dilaksanakan serta sumber daya pendukung menurut bulan dan lokasi pelaksanaan.
- Mengadakan lokakarya mini tahunan untuk membahas kesepakatan RPK.
- Membuat RPK yang telah disusun dalam bentuk matriks.
Penataan Dokumen
- Untuk memudahkan didalam pencarian dokumen akreditasi Puskesmas/FKTP dikelompokan masing- masing bab/kelompok pelayanan/UKM dengan diurutkan setiap urutan kriteria dan elemen penilaian, dan diberikan daftar secara berurutan.
Tulis Komentar