Bab IV dan V membahas mengenai Sistem Pelayanan UKM. Bab IV membahas tentang Pelayanan UKM yang berorientasi sasaran
- Perencanaan kegiatan tiap UKM PUSKESMAS
Beberapa poin yang perlu diperhatikan adalah :
- Analisis kebutuhan dan harapan masyarakat
- Pembahasan konsultatif dengan masyarakat dan sasaran
- Upaya untuk memeroleh umpan balik dari masyarakat / sasaran
- Peluang inovatif
- Akses masyarakat dan sasarana terhadap UKM Puskesmas
Beberapa poin yang perlu diperhatikan
- Akses terhadap kegiatan UKM sesuai kebutuhan
- Akses terhadap informasi : jadual kegiatan
- Kesepakatan penjadualan, dan ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan masing-masing UKM
- Umpan balik dan tindak lanjut terhadap permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan, serta keluhan masyarakat / sasaran
- Evaluasi terhadap kinerja UKM Puskesmas
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
- Penetapan indicator dan target pencapaian tiap UKM
- Pengumpulan data kinerja
- Analisis data kinerja
- Tindak lanjut
- Dokumentansi
Bab V Kepemimpinan dan Manajemen UKM
- Tanggungjawab pengelolaan UKM
Beberapa poin yang perlu dicermati
- Penetapan tujuan, sasaran dan tata nilai
- Informasi kepada pihak terkait
- KOmunikasi dan koordinasi
- Penggunaan sumberdaya
- Minimalisasi risiko terhadap lingkungan
- Tanggungjawab dalam pemberdayaan masyarakat
- Perencanaan kegiatan UKM mengacu pada pedoman kebutuhan masyarakat
Beberapa poin yang perlu diperhatikan
- Perencanaan upaya yang terintegrasi dengan RUK yang dilakukan melalui kajian kebutuhan masyarakat
- Revisi perencanaan jika diperlukan sesuai dengan perubahan kebijakan pemerintah dan/atau perubahan kebutuhan masyarakat
- Pengorganisasian UKM
Beberapa poin yang perlu diperhatikan
- Kejelasan tugas wewenang dan tanggungjawab (uraian tugas) : penanggungjawab dan pelaksana
- Komunikasi dan koordinasi
Beberapa poin yang perlu diperhatikan:
- Kebijakan dan prosedur dalam pelaksanaan UKM
Beberapa poin yang perlu diperhatikan
- Penetapan peraturan, kebijakan dan prosedur : acuan dalam penyelenggaran kegiatan UKM
- Pengendalian dokumen eksternal dan internal
- Evaluasi kepatuhan pelaksanaan terhadap peraturan, kebijakan, kerangka acuan dan prosedur
- Kebijakan dan prosedur evaluasi kinerja
- Akuntabilitas pengelolaan dan pelaksanaan UKM
Beberapa poin yang perlu diperhatikan:
- Monitoring kinerja dan kegiatan UKM
- Pengarahan kepala Puskesmas, penanggungjawab terhadap pelaksana, penilaian kinerja yang dilaksanakan secara periodic
- Hak dan Kewajiban sasaran UKM
Beberapa poin yang perlu diperhatikan:
- Hak dan kewajiban sasaran
- Aturan yang jelas sebagai bagian peraturan internal sebagai upaya untuk memenuhi hak , sasaran sesuai dengan visi misi dan tujuan masing-masing UKM
Silahkan Download Contoh Kebijakan, Panduan, SOP dan Instrumen Akreditasi Puskesmas (FREE) !
Tulis Komentar