Posts Tagged with rencana

posted by Syncore on December 7, 2023
Pengeluaran dan Penerimaan pada penyusunan RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) menjadi unsur utama, terutama dalam pembuatan laporan keuangan.Oleh karena itu dalam menyusun RBA dibutuhkan pemetaan akun-akun kode akuntansi yang ada pada arus kas pengeluaran dan penerimaan.Agar terwujudnya 1 konsep pengakuan pada RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) menjadi RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran).Karena pencatatan akuntansi yang digunakan berbeda antara RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) dan RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) yaitu dari Accrual basis dan Cash basis.Sebagai contoh Pencatatan Belanja Pegawai pada RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) diakui sebagai Gaji Pokok sedangkan pada RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) diakui sebagai . . . Read more
posted by Syncore on December 5, 2023
Pasal 58 s.d Pasal 64 Permendagri 79/2018 menjelaskan bahwa UPTD yang menerapkan BLUD menyusun RBA mengacu pada Renstra BLUD dan evaluasi kinerja pelaksanaan BLUD sebelumnya.RBA disusun berdasarkan:Anggaran Berbasis KinerjaAnggaran berbasis kinerja merupakan analisis kegiatan yang berorientasi pada pencapaian output dengan penggunaan sumber daya secara efisienStandar Satuan HargaStandar satuan harga merupakan harga satuan setiap unit barang/jasa yang berlaku disuatu daerah. Jika BLUD belum menyusun standar satuan harga, BLUD menggunakan standar satuan harga yang ditetapkan oleh Keputusan Kepala Daerah.Apabila pemerintah daerah telah menetapkan standar satuan harga dengan keputusan kepala daerah maka BLUD dapat mengikuti ketetapan tersebut.Akan tetapi, jika BLUD belum menetapkan maka . . . Read more
posted by Syncore on December 8, 2023
 Dalam mewujudkan target perubahan status dari rumah sakit khusus menjadi rumah sakit umum, RSIA ‘Aisyiyah Klaten menyiapkan rencana strategis (renstra) yang akan dijadikan pedoman kebijakan dalam kerangka pencapaian visi, misi, dan program dalam waktu lima tahun ke depan.Rencana strategis ini disusun bersama Syncore Consulting dalam rangka mengakomodir kondisi dan tantangan ke depan yang dihadapi RSU ‘Aisyiyah Klaten.Renstra sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan, program, dan kegiatan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan tiap tahun anggaran, sehingga dapat dilihat hasil kegiatannya dalam mencapai Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang ditetapkan RSU ‘Aisyiyah Klaten.Sebelum menyusun dokumen rencana strategis, Syncore Consulting telah melakukan studi kelayakan. . . . Read more
posted by ika on December 29, 2017
Bagaimana tahapan dalam menyusun perencanaan yang baik?Organisasi terlebih dahulu melakukan identifikasi faktor internal dan faktor eksternal sebelum menyusun perencanaan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah melalui analisa SWOT yang diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey (1960) , yaitu memahami faktor internal (kelebihan dan kelemahan) untuk mengidentifikasi faktor eksternal (peluang dan ancaman). Faktor Internal, yaitu kelebihan dalam kelemahan yang bersumber dari dalam organisasi. Beberapa hal yang termasuk faktor internal yaitu sumber daya yang dimiliki (sumber daya manusia dan sumber daya fisik), manajemen, pendapaan dan pengelolaan keuangan, proses bisnis organisasi, pengalaman-pengalaman organisasi di masa . . . Read more
posted by ika on December 22, 2017
 Rencana Strategi Bisnis (RSB) yang kemudian dikenal sebagai renstra bisnis merupakan dokumen lima tahunan yang memuat visi, misi, program strategis, pengukuran pencapaian kinerja dan arah kebijakan operasional BLUD. Rencana pencapaian lima tahunan merupakan gambaran program lima tahunan, pembiayaan lima tahunan, penanggung jawab program dan prosedur pelaksanaan program, yang nantinya wajib terjelaskan di dalam bab-bab RSB.Untuk info selengkapnya, silahkan klik link berikut ini http://blud.co.id/wp/ . . . Read more
posted by ika on September 22, 2017
Dinas Kota Mojokerto memiliki 5 puskesmas yang ditetapkan awal tahun 2017 lalu. 5 Pukesmas tersebut sedang dalam pengerjaan RBA 2018, dan akhirnya sudah selesai dikerjakan hanya dalam waktu satu hari dengan bantuan aplikasi PPK BLUD Syncore.Kegiatan pelatihan penyusunan RBA dan laporan keuangan SAK di Dinas Kota Mojokerto berlangsung selama tiga hari, mulai hari Senin Hingga hari Rabu (18-21 September 2017) dengan narasumber Niza Wibyana Tito, M.Kom. Kegiatan tersebut bukan pelatha menggunakan data demo, melainkan data real milik puskesmas masing-masing, inilah metode pelatihan Syncore sehingga dalam waktu satu hari sudah dapat menyelesaikan RBA.Hari pertama, bermula pukul 09.00 pemateri menyamakan dahulu pemahaman mengenai . . . Read more
posted by danik on September 8, 2016
 RBA disajikan dan disusun secara tahunan sebelum tahun anggaran, akan tetapi pada pertengahan tahun anggaran (akhir semester 1) jika akan dilakukan perubahan pada RBA, maka pihak Satker BLU dapat mengusulkan RBA perubahan (RBA-P).Keterangan:Penyusunan RBA 20161. Pengesahan menjadi BLU di bulan Maret 20162. Perubahan anggaran / penyusunan dan pengesahan RBA 3. Penatausahaan dan pencairan anggaran berbasis RBA 4. Pertanggungjawaban (3 bln) dan penyusunan laporan keuangan SAK (1 semester)   Penyusunan RBA 20171. Penyusunan RBA 20172. Pengesahan RBA 2017 (maksimal 31 Des 2016) 3. Penatausahaan dan pencairan berbasis RBA 2017 dan SPTJ Triwulan 1 4. Penyusunan SPTJ Triwulan 2 dan Laporan Keuangan SAK . . . Read more
posted by danik on September 8, 2016
Rencana Bisnis dan Anggaran BLUD, yang selanjutnya disingkat RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan pengangaran tahunan yang berisi program, kegiatan, target kinerja dan anggaran BLUD. Penyusunan RBA tahunan berpedoman pada renstra bisnis BLUD.Berikut ini peraturan-peraturan yang digunakan dalam penyusunan RBA:1. Undang – undang No 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara2. Undang – undang No 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara3. Undang – undang No 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara4. Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan BLU5. Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2012 Tentang Perubahan Pertama Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2005 . . . Read more
posted by danik on August 11, 2016
  Ada beberapa komponen yang ada di RBA, komponen Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) meliputi:1. Pendahuluan.2. Pencapaian Kinerja Tahun Berjalan.3. Rencana Bisnis dan Anggaran Tahun yang Dianggarkan.   1. PendahuluanPendahuluan merupakan bagian awal RBA yang minimal menggambarkan kondisi umum BLU, visi dan misi, budaya BLU, serta susunan pejabat pengelola dan Dewan Pengawas.Pada bagian pendahuluan ini, Satker BLU dapat mendeskripsikan gambaran umum BLU sebenar – benarnya, akan tetapi informasi yang disampaikan sebaiknya hanya yang berkaitan dengan pembuatan RBA.  2. Pencapaian Kinerja Tahun BerjalanPencapaian kinerja tahun berjalan merupakan keadaan sampai saat periode tahun berjalan yang mencerminkan pencapaian BLU, biasanya dalam bentuk prosentase. Pencapaian . . . Read more
posted by admin on February 9, 2013
Tahun 2012 baru saja lewat. Apakah anda sudah mengevaluasi laporan keuangan 2012? Apakah ada peningkatan laba di tahun 2012 dibanding tahun sebelumnya? Menurut perhitungan kami tahun 2012, seharusnya perusahaan bisa meraih kenaikan laba sebesar 18%. Perhitungan kami adalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia sebesar 6% per tahun, paling tidak akan memberikan kontribusi kenaikan laba sebesar 3 kalinya. Apabila laba perusahaan anda tidak naik atau naik tetapi kurang dari 18%, maka pasti ada yang hal yang perlu dibenahi dari bisnis anda? Berikut ini kami memberikan beberapa analisa tentang 5 faktor yang perlu anda perhatikan untuk review kinerja tahun 2012 dan merancang strategi . . . Read more