Posts Tagged with antara

posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 13, 2023
Rumah sakit swasta, sebagai entitas bisnis yang beroperasi di sektor pelayanan kesehatan, memiliki kewajiban untuk mematuhi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia. Dua SAK yang sering menjadi sorotan dalam konteks rumah sakit swasta adalah SAK ETAP dan SAK EP. Artikel ini akan membahas perbedaan antara SAK ETAP dan SAK EP, serta bagaimana rumah sakit swasta dapat membedakannya untuk meningkatkan tata kelola keuangan mereka. Sebelum kita membahas perbedaan antara SAK ETAP dan SAK EP, mari kita pahami keduanya secara singkat. SAK ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik)SAK ETAP diterapkan pada entitas yang tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengungkapan . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Pengendalian internal adalah serangkaian prosedur, kebijakan, dan praktik yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk membantu memastikan bahwa operasinya efektif, efisien, dan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Sementara itu, auditor eksternal adalah seorang profesional independen yang ditunjuk untuk mengevaluasi keuangan sebuah organisasi dan memberikan laporan yang independen mengenai kelayakan laporan keuangan.Hubungan antara satuan pengendali internal (SPI) dan auditor eksternal sangat penting dalam menjaga integritas dan kualitas pelaporan keuangan sebuah organisasi. Auditor eksternal sangat bergantung pada pengendalian internal yang efektif dan sebaliknya, pengendalian internal memerlukan dukungan dari auditor eksternal untuk membantu meningkatkan efektivitasnya.Kerja sama antara SPI dan auditor eksternal dimulai . . . Read more
posted by Syncore on December 7, 2023
Pengeluaran dan Penerimaan pada penyusunan RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) menjadi unsur utama, terutama dalam pembuatan laporan keuangan.Oleh karena itu dalam menyusun RBA dibutuhkan pemetaan akun-akun kode akuntansi yang ada pada arus kas pengeluaran dan penerimaan.Agar terwujudnya 1 konsep pengakuan pada RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) menjadi RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran).Karena pencatatan akuntansi yang digunakan berbeda antara RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) dan RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) yaitu dari Accrual basis dan Cash basis.Sebagai contoh Pencatatan Belanja Pegawai pada RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) diakui sebagai Gaji Pokok sedangkan pada RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) diakui sebagai . . . Read more