Posts Tagged with Perbedaan

posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 13, 2023
Rumah sakit swasta, sebagai entitas bisnis yang beroperasi di sektor pelayanan kesehatan, memiliki kewajiban untuk mematuhi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia. Dua SAK yang sering menjadi sorotan dalam konteks rumah sakit swasta adalah SAK ETAP dan SAK EP. Artikel ini akan membahas perbedaan antara SAK ETAP dan SAK EP, serta bagaimana rumah sakit swasta dapat membedakannya untuk meningkatkan tata kelola keuangan mereka. Sebelum kita membahas perbedaan antara SAK ETAP dan SAK EP, mari kita pahami keduanya secara singkat. SAK ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik)SAK ETAP diterapkan pada entitas yang tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengungkapan . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi telah memainkan peran yang semakin penting dalam manajemen keuangan bisnis. Di antara berbagai perangkat lunak akuntansi yang tersedia, ada dua kategori utama yang sering menjadi pilihan, yaitu aplikasi akuntansi berbasis cloud dan aplikasi akuntansi desktop. Artikel ini akan membahas perbedaan antara keduanya dan mengapa memilih aplikasi akuntansi berbasis cloud seringkali merupakan pilihan yang bijak.Aplikasi Akuntansi DesktopAplikasi akuntansi desktop merupakan perangkat lunak yang diinstal pada komputer lokal atau server dalam lingkungan bisnis. Beberapa karakteristik utama aplikasi desktop meliputi : Keterbatasan AksesAplikasi dekstop membutuhkan akses ke komputer yang sudah terinstal aplikasi. Ini berarti Anda hanya . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 12, 2023
Dalam era transformasi digital yang melanda dunia bisnis, perusahaan dihadapkan pada tuntutan untuk memilih teknologi yang tepat untuk mengelola aspek keuangan dan operasional mereka. Dua solusi yang sering menjadi pilihan adalah Enterprise Resource Planning (ERP) dan Aplikasi Akuntansi Tradisional. Untuk memahami implikasi dan keuntungan masing-masing, mari telaah perbedaan fundamental antara keduanya. Lingkup Fungsional ERP : Menghadirkan pendekatan terintegrasi yang mencakup seluruh spektrum operasional perusahaan, mulai dari keuangan, produksi, rantai pasok hingga sumber daya manusia. Integrasi data dan proses di sini menjadi landasan untuk visibilitas end-to-end.Aplikasi Akuntansi Tradisional : Berkonsentrasi pada manajemen keuangan dan pencatatan transaksi keuangan. Fokus utamanya adalah . . . Read more
posted by konsultanblud on December 7, 2023
Pengeluaran dan Penerimaan pada penyusunan RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) menjadi unsur utama, terutama dalam pembuatan laporan keuangan.Oleh karena itu dalam menyusun RBA dibutuhkan pemetaan akun-akun kode akuntansi yang ada pada arus kas pengeluaran dan penerimaan.Agar terwujudnya 1 konsep pengakuan pada RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) menjadi RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran).Karena pencatatan akuntansi yang digunakan berbeda antara RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) dan RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) yaitu dari Accrual basis dan Cash basis.Sebagai contoh Pencatatan Belanja Pegawai pada RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran) diakui sebagai Gaji Pokok sedangkan pada RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran) diakui sebagai . . . Read more
posted by konsultanbumdes on December 5, 2023
Siapa yang tidak mengenal lembaga ekonomi sosial yang dinamai koperasi? Jauh sebelum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ada koperasi sudah lebih dulu bergerak dalam membangun kesejahteraan sosial di Indonesia agar lebih makmur.APA ITU BUMDES?Badan Usaha Milik Desa atau yang biasa disingkat BUMDes adalah badan usaha yang sebagian besar modalnya berasal dari desa dengan penyertaan langsung yang berasal dari kekayaan desa untuk mengelola aset, jasa, serta usaha.Pernyataan ini tentunya tidak tiba-tiba hadir dengan klaim dari pihak tertentu, melainkan sudah diatur dalam UU No.6/2014 tentang desa terdapat 4 pasal yang menjelaskan mengenai BUMDes sendiri yaitu Pasal 87, 88, 89, dan 90.APA ITU . . . Read more
posted by ika on December 29, 2017
Perbedaan sebelum dan setelah BLU. Setelah menyandang status sebagai BLU hal pertama yang harus dilakukan adalah menyusun anggaran atau yang disebut dengan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) BLU. Sebelum menjadi BLU, hal yang dilakukan adalah menyusun dan membahas RKAKL setiap bulan juni/juli. Namun setelah menjadi BLU yang terlebih dahulu dibahas sebelum menyusun RKAKL adalah menyusun dan membahas RBA. Timeline menyusun RBA sama dengan timeline menyususn RKAKL sebelumnya, yang berbeda adalah pokok pembahasan dalam menyusun RBA dan RKAKL. Setelah menyusun RBA kemudian baru menyusun RKAKL.Untuk info selengkapnya, silahkan klik link berikut ini http://blud.co.id/wp/ . . . Read more
posted by ika on December 23, 2017
SILPA dan SiLPA serupa namanya tapi tak sama, serupa pengucapannya tapi berbeda artinya. Sama-sama hurufnya tapi beda maknanya. Mari kita bahas satu persatu, apa itu SILPA dan SiLPA/SIKPA.Sisa anggaran adalah dana milik pemda yang belum terpakai selama satu tahun anggaran atau masih tersisa pada akhir tahun anggaran. Dalam konsep anggaran berbasis kas, sisa anggaran sama dengan jumlah uang atau kas Pemda yang belum terpakai. Ada dua bentuk sisa anggaran, yakni SiLPA dan SILPA.Untuk info selengkapnya, silahkan klik link berikut ini http://blud.co.id/wp/ . . . Read more
posted by ika on December 21, 2017
Hal pertama yang perlu dipahami sebelum membaca dan menelusur Laporan Keuangan adalah memahami konsep Akuntansi mengenai perbedaan penerimaan dan pendapatan BLUD. Hal ini terkait dengan masalah pengakuan dari dana BLUD yang diterima. Konsep mengenai perbedaan penerimaan dan pendapatan berasal dari perbedaan konsep kas basis dan akrual basis dalam hal pengakuan.Untuk selengkapnya, silahkan klik link berikut ini http://blud.co.id/wp/ . . . Read more