Posts Tagged with Pelatiha

posted by admin on November 27, 2013
Bapak Rudy Suryanto, SE.M.Acc,AK diminta oleh Kantor Perwakilan BI Yogyakarta untuk melakukan pelatihan Administrasi dan Keuangan untuk Petani Gula Semut di Kokap Kulonprogo. Pelatihan tersebut dilaksankan pada tanggal 15 Agustus 2013. Mengingat peserta masih awam terhadap konsep administrasi dan keuangan maka pelatihan ini menggunakan metode simulasi. Simulasi dirancang untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang pentingnya melakukan administrasi dan pengelolaan keuangan yang baik. Simulasi dirancang menjadi tiga tahap, yaitu permainan jual beli, pencatatan dan evaluasi. Metode permainan ini efektif untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan partisipasi peserta. Permainan meggunakan uang mainan, tetapi peserta dengan sungguh-sungguh melakukan tawar menawar dan pencatatan seolah uang . . . Read more
posted by training on December 19, 2013
Pelatihan Penyusunan RBA BLU Pada tanggal 09-11 Desember 2013 bertempat di Mutiara Hotel Yogyakarta, PT SYNCORE Indonesia mengadakan Pelatihan Penyusunan RBA BLU. Yang pesertanya berasal dari berbagai instansi yaitu, UPT Kesmas Ubud Bali, BP Batam, dan Poltekes Yogyakarta BLU adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas (Pasal 1 PP No. 23/2005). Dalam perencanaan, BLU melakukan berbagai hal, salah satunya menyusun RBA. BLU menyusun RBA tahunan dengan mengacu kepada rencana strategis bisnis. RBA sendiri adalah dokumen perencanaan . . . Read more
posted by admin on December 19, 2013
Kami konsultan, programer dan trainer yang tergabung di dalam SYNCORE merasa bahagia dan bangga bahwa di tahun 2013 ini kita telah melakukan banyak hal yang positif. Mulai dari membantu banyak perusahaan dalam menyusun SOP sehingga bisa beroperasi dengan efektif dan efisien, sampai dengan membantu Yayasan dalam memotivasi karyawan mereka untuk menerapkan konsep manajemen yang baik. Setelah kita menelaah apa saja yang kita lakukan selama tahun 2013, maka ada benang merah dari semua itu, yaitu TRANSFORMASI. Silahkan Baca Lengkap Profile dan Produk-produk kami di 2014 Baik dari software yang kita kembangkan, SOP yang kita susun atau pelatihan yang kita selenggarakan, sebenarnya dipicu dari . . . Read more
posted by admin on December 30, 2013
Pada hari Minggu, tanggal 15 Desember 2013, SYNCORE kedatangan tamu istimewa yaitu komunitas StudentsxCEOs. Komunitas StudentsxCEOs memiliki program yang sangat bagus yaitu mengumpulkan perwakilan dari para mahasiswa untuk bertemu dan bertukar pikiran secara langsung dengan para CEO. Profil StudentxCeos bisa dilihat di www.studentxceos.com. Dari SYNCORE rombongan tersebut ditemui langsung oleh Direktur SYNCORE Niza W Tito dan Pendiri SYNCORE Bp Rudy Suryanto. Diskusi berlangsung hangat dan menarik. Perwakilan StudentxCEOs memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sangat kritis terhadap latar belakang dan strategi bisnis SYNCORE. Sebelumnya Bp Rudy Suryanto, bercerita tentang latar belakang berdirinya SYNCORE. SYNCORE berdiri pada tahun 2010, setelah hampir 10 tahun Bp Rudy . . . Read more
posted by admin on December 30, 2013
Penyusunan RBA adalah tahapan sentral dalam memanfaatkan fleksibilitas anggaran BLU. Sebuah BLU perlu menyelaraskan RSB (Rencana Strategis Bisnis) dengan RBA. Menurut pengalaman kita dalam melaksanakan pelatihan, banyak BLU yang ternyata belum menyusun RSB dengan baik, sehingga menyulitkan mereka dalam menyusun RBA. Selain belum tersusunnya RSB, kendala lain adalah masalah tata aturan yang kadang belum sinkron. Setelah ditetapkan sebagai BLU maka BLU cukup membuat RBA dan membuat ikhtisar RBA untuk integrasi ke RKA K/L. Namun banyak pejabat teknis keuangan di lapangan yang belum begitu paham dengan hal tersebut, sehingga fleksibilitas BLU tidak bisa digunakan secara optimal. Oleh karenanya kami melakukan pelatihan secara . . . Read more
posted by admin on February 20, 2014
SYNCORE terus menegaskan komitmen terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Salah satu kendala utama UMKM di Indonesia adalah kesulitan dalam penyusuna laporan keuangan. Tanpa ada laporan keuangan UMKM kesulitan dalam mengevaluasi kesehatan dan kinerja organisasi. UMKM bukan tidak sadar atas masalah ini, tetapi mereka tidak memiliki bekal pengetahuan yang cukup. Sebagian besar dari UMKM memulai usaha bukan dengan persiapan yang memadai tetapi lebih karena keterpaksaan, kebetulan atau mewarisi usaha dari orang tua. Selain itu karena mereka terlibat dalam operasional sehari-hari di perusahan maka mereka tidak memiliki banyak waktu.  Pendekatan yang kami gunakan adalah dengan membentuk kelompok belajar. Masing-masing UMKM bisa saling bertukar . . . Read more
posted by admin on March 4, 2014
Pada hari Selasa 4 Maret 2014 telah sukses berjalan Training Gratis KEJAR UMKM Batch 1 dengan Tema Diagnosa Bisnis. Pada sesi pertama ini diterangkan tentang tujuan dari KEJAR UMKM yaitu masing-masing UMKM saling belajar satu satu lain untuk mengejar ketertinggalan terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Sebelum dapat mengelola keuangn dengan baik, maka UMKM perlu memahami bisnis yang dijalankan. Pada sesi ini instruktur yaitu Bp Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA mengajarkan bagaimana menggunakan Business Model Generation (BMG) dan Value Chain Analysis (VCA) untuk memahami bisnis. Setelah melakukan pemahaman bisnis peserta mencoba menganalisa kesehatan bisnis dengan mengklasifikasikan bisnis ke start up, growth, mature atau . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Pada tanggal 16 sd 17 Juli 2012 bertempat di Jogja Plaza Hotel telah dilaksanakan Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada Bagian Keuangan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Audit Internal. Pelatihan berlangsung selama dua hari dengan mencakup tema Bagaimana cara membentuk Satuan Audit Internal ? Bagaimana melakukan perencanaan Audit? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk menentukan area prioritas? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk merancang program audit? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk pos Neraca? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk Pos Laba Rugi? Bagaimana menindaklanjuti temuan audit? Bagaimana menyusun laporan Audit? Peserta selama dua hari sangat antusias karena pelatihan ini mengkombinasikan pemahaman dan simulasi . Peserta di . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Perguruan Tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sehingga perguruan tinggi dituntut untuk terus membenahi kualitas pembelajaran dan manajemen internal. Salah satu upaya untuk menguatkan manajemen internal adalah dengan menyusun Standard Operating Procedures. Secara umum Standard Operating Procedures mencakup beberapa proses bisnis antara lain: 1. SOP Pelayanan Prima (Service Excellence) 2. SOP Keuangan 3. SOP Akademik 4. SOP SDM SOP Keuangan bertujuan untuk memastikan pencatatan dan pelaporan keuangan di Perguruan Tinggi mencapai standar kualitas pencatatan dan pelaporan keuangan yaitu: 1. Andal (didukung bukti-bukti yang valid) 2. Akurat (perhitungan matematis tepat) 3. Lengkap (semua transaksi dilaporkan) 4. Tepat Waktu (laporan keuagan selesai pada waktu yang ditetapkan) 5. Tepat Penyajian . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Aspek keuangan merupakan bagian penting dalam suatu unit kerja atau organisasi. Tertib pengelolaan keuangan akan berdampak positif terhadap sistem pengelolaan organisasi secara keseluruhan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan dalam suatu organisasi merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola organisasi yang sehat dan kredibel. Amal usaha Muhammadiyah termasuk sekolah dan lembaga pendidikan lainnya telah berkembang cukup pesat baik jumlah maupun nilai asetnya sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat terwujud organisasi yang baik dan bermartabat. Untuk itu kami akan menyelenggarakan lagi training atau pelatihan pencatatan dan pelaporan keuangan yang bertujuan untuk : Sekolah atau Perguruan Tinggi dapat menyusun Rencana Anggran dan Rencara . . . Read more