posted by kukuh_budiman on July 4, 2015
Sebagai lembaga consultant yang memiliki fokus pada pengembangan UMKM, Syncore Consulting dipercaya oleh pelaku usaha kecil dan menengah “Ayam Geprek Starback” untuk melakukan Bisnis Chek-up.Di Yogyakarta, Ayam Geprek Starback adalah pendatang baru dunia kuliner yang berbahan baku Ayam. Meski demikian, Ayam Geprek Starback tidak bisa disamakan dengan Ayam Geprek lainnya. Baik dari segi kualitas produk ataupun usahanya.Meski baru berdiri beberapa bulan lalu dan belum sebesar perusahaan ayam goreng dari negeri sebrang, Ayam Geprek Starback sudah menunjukkan keseriusannya dibidang kuliner.Berbeda dengan para pelaku kuliner kecil lainnya yang memilih menjalankan bisnis secara apa adanya, tanpa berusaha mencari tahu apa yang kurang dari . . . Read more
posted by kukuh_budiman on July 3, 2015
Dalam dua dekade terakhir ini, ilmu finansial dan produk-produknya telah berkembang sangat pesat. Sejalan dengan perkembangan itu, lahir banyak tantangan-tantangan baru yang harus segera dipahami oleh orang yang ingin memenangkan persaingan.Di Syncore, kami percaya bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan tersebut. Untuk itu investasi dalam hal pelatihan dan peningkatan kemampuan SDM mutlak dibutuhkan.Dengan pengalaman kami mendampingi banyak perusahaan dan organisasi, kami dapat memberikan pelatihan aplikatif dengan metodologi khusus yang kami sebut SAOT (Syncore Action Oriented Training), yaitu training-training yang mendorong peserta untuk melakukan aksi paska training. Salah satu pelatihan yang kami tawarkan untuk individu . . . Read more
posted by kukuh_budiman on July 2, 2015
Saat ini sudah semakin banyak institusi kesehatan, baik PPK tingkat 1 seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ataupun PPK tingkat 2 atau Rumah Sakit, yang berlomba-lomba untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLU)Mereka berharap, dengan menjadi BLU institusinya akan memiliki keleluasaaan untuk menggunakan dana dan bergerak secara lebih progresif.Namun masalahnya, untuk dapat menjadi BLUD yang baik iu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi oleh institusi-institusi tersebut.Bukan tidak mungkin, beberapa persyaratan yang diwajibkan itu akan memberatkan orang-orang yang bertugas di Puskesmas ataupun Rumah Sakit.Itu terjadi karena memang ada syarat-syarat yang sebelumnya sangat asing bagi mereka. Sebut saja . . . Read more
posted by kukuh_budiman on June 30, 2015
Untuk memberdayakan pelaku usaha kecil, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dana bergulir. Program yang ditujukan untuk mengembangkan UKM / UMKM adalah pinjaman dana yang berasal dari pemerintah melalui program pengembangan usaha kecil.Bagi para pelaku usaha kecil, adanya kebijakan dana bergulir semestinya membawa dampak yang positif terhadap pengembangan usaha mereka. Baik dari segi penambahan produksi, perluasan jaringan usaha dan pemasaran.Selanjutnya, karena pelaku UKM / UMKM mayoritas adalah masyarakat kelas menengah kebawah, maka program program dana bergulir akan membawa kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.Namun dalam pelaksanaannya, masih ada faktor-faktor yang mempengaruhi tidak maksimalnya program dana bergulir. Mulai dari kurangnya sosialisasi, tidak tersedianya sumber . . . Read more
posted by chombet on April 10, 2015
Jika sesuai rencana, dalam waktu dekat Indonesia akan memasuki era baru dalam dunia ekonomi regional yang dikenal dengan nama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selain menjadi pekerjaan pemerintah, tahap baru tersebut juga dipastikan menjadi tantangan dunia usaha dalam negeri.Sayangnya hingga saat ini belum semua pelaku usaha mampu menggerakkan usahanya secara maksimal. Bahkan beberapa diantaranya belum bisa menyiapkan Business Plan dan Internal Audit dengan tepat.Padahal, hal – hal semacam itu merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya sebuah perusahaan.Untuk mengurai permasalahan – permasalahan tersebut, SYNCORE sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Konsultasi, Softwere dan Pelatihan membuka pintu seebar - . . . Read more
posted by admin on April 24, 2014
  Institute Akuntan Publik Indonesia (IAPI) memutuskan untuk mengadopsi secara penuh International Standars on Auditing untuk menggantikan Standard Profesional Akuntan Publik (SPAP) mulai 1 January 2013. Standar ini menuntuk perubahan cara berpikir, cara bertindak dan cara bersikap auditor. Secara umum ada 5 hal yang berbeda secara fundamental dibandingkan standar lama (Tuanakotta, 2012) Penekanan pada Audit Berbasis Resiko Perubahan dari Rules based ke Principle Based Berpaling dari model matematis Menekankan pada Kearifan Profesional (professional judgement) Melibatkan peran Those Charged With Governance (TCWG) Ada beberapa konsekuensi dari penerapan International Standard on Auditing (ISA) tersebut Apakah auditor paska ISA bertanggungjawab untuk menemukan fraud dalam audit umum (general audit)? Bagaimana menerapkan . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Pada tanggal 16 sd 17 Juli 2012 bertempat di Jogja Plaza Hotel telah dilaksanakan Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada Bagian Keuangan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Audit Internal. Pelatihan berlangsung selama dua hari dengan mencakup tema Bagaimana cara membentuk Satuan Audit Internal ? Bagaimana melakukan perencanaan Audit? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk menentukan area prioritas? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk merancang program audit? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk pos Neraca? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk Pos Laba Rugi? Bagaimana menindaklanjuti temuan audit? Bagaimana menyusun laporan Audit? Peserta selama dua hari sangat antusias karena pelatihan ini mengkombinasikan pemahaman dan simulasi . Peserta di . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Perguruan Tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sehingga perguruan tinggi dituntut untuk terus membenahi kualitas pembelajaran dan manajemen internal. Salah satu upaya untuk menguatkan manajemen internal adalah dengan menyusun Standard Operating Procedures. Secara umum Standard Operating Procedures mencakup beberapa proses bisnis antara lain: 1. SOP Pelayanan Prima (Service Excellence) 2. SOP Keuangan 3. SOP Akademik 4. SOP SDM SOP Keuangan bertujuan untuk memastikan pencatatan dan pelaporan keuangan di Perguruan Tinggi mencapai standar kualitas pencatatan dan pelaporan keuangan yaitu: 1. Andal (didukung bukti-bukti yang valid) 2. Akurat (perhitungan matematis tepat) 3. Lengkap (semua transaksi dilaporkan) 4. Tepat Waktu (laporan keuagan selesai pada waktu yang ditetapkan) 5. Tepat Penyajian . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Aspek keuangan merupakan bagian penting dalam suatu unit kerja atau organisasi. Tertib pengelolaan keuangan akan berdampak positif terhadap sistem pengelolaan organisasi secara keseluruhan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan dalam suatu organisasi merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola organisasi yang sehat dan kredibel. Amal usaha Muhammadiyah termasuk sekolah dan lembaga pendidikan lainnya telah berkembang cukup pesat baik jumlah maupun nilai asetnya sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat terwujud organisasi yang baik dan bermartabat. Untuk itu kami akan menyelenggarakan lagi training atau pelatihan pencatatan dan pelaporan keuangan yang bertujuan untuk : Sekolah atau Perguruan Tinggi dapat menyusun Rencana Anggran dan Rencara . . . Read more
posted by admin on July 29, 2012
Konsultan SYNCORE mengikuti pelatihan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) yang diadakan oleh BI bekerjasama dengan Business & Accounting Innovation Center (BAIC) UMY. Pelatihan selama 3 hari tersebut diisi oleh trainer-trainer profesional yang telah lama berkecimpung sebagai konsultan keuangan mitra bank. KKMB sendiri dibentuk oleh BI, Kementrian UKM dan Kementrian Perdagangan pada tahun 2000 untuk membantu UKM dalam mengakses fasilitas perbankan. KKMB memiliki jaringan di seluruh Indonesia dan telah membantu  ribuan UKM untuk mengakses kredit perbankan. Konsultan SYNCORE yang telah terbiasa mendampingi UKM, terutama untuk penataan keuangan merasa sangat antusias dengan pelatihan ini. Desta Galang dan Seto Ari Wibowo, konsultan SYNCORE, . . . Read more