posted by admin on February 6, 2012
UKM terbukti menyerap tenaga kerja paling banyak, paling tahan terhadap krisis global dan punya peluang untuk menjadi tumbuh dan berkembang. Indonesia saat ini hanya memiliki sekitar 0.18% entepreneur dan 99% diantaranya adalah pengusaha UKM. Namun seiring dengan perkembanganan ekonomi Indonesia yang menggembirakan dan bergesernya pola pikir dari "karyawan" menjadi "pengusaha" maka diperkirakan pertumbuhan UKM di Indonesia di tahun-tahun mendatang akan sangat pesat. Pertumbuhan tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan tumbuhnya peluang-peluang baru. Namun seiring perkembagnan bisnis, sebuah perusahaan tidak lepas dari permasalahan manajemen, yaitu pengelolaan aspek efektivitas, efisiensi dan ekonomisasi (Tiga E). Management Audit, terkait dengan hal tersebut, bisa digunakan untuk . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Manager di era globalisasi dituntut untuk memiliki sikap kepemimpinan dan entepreneurship yang kuat! Kepemimpinan / Leadership sangat erat kaitannya dengan sikap entepreneur. Menurut Schumpeter, 1951  entrepreneurship bisa didefinisikan sebagai ...melakukan sesuatu yang tidak biasa di lakukan dalam aktivitas rutin, dan merupakan fenomena yang muncul dari sikap kepemimpinan. Pemikiran Schumpeter tersebut semakin relevan dengan keadaan sekarang. Pemimpin dituntut untuk memikirkan terobosan dan mengambil tindakan non rutin untuk bisa mengatasi masalah-masalah yang ada. Entrepreneur sendiri dalam bahasa Indonesia sering disamakan artinya dengan kewirausahaan. Asal kata entepreneur sendiri berasal dari bahasa Perancis yaitu enteprendre yang artinya “menjalankan”. Secara luas bisa diartikan orang yang merancang, mengelola . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Saat menjalankan bisnis kita tidak boleh berhenti. Proses bisnis harus berjalan terus agar perusahaan bisa menutup biaya operasional dan terus berkembang. Perkembangan bisnis yang cepat harus diikuti dengan pondasi sistem pendukung yang kokoh. Sistem pendukung untuk semua bisnis adalah sistem keuangan dan sistem manajemen. Sistem manajemen terdiri dari sistem marketing, sistem operasional dan sistem HRD. Seiring dengan perkembagan perusahaan, seringkali perusahaan harus berhadapan dengan tantangan-tantangan yang baru dan masalah-masalah yang baru pula. Saat itu perusahaan perlu mitra yang bisa dipercaya dan diandalkan untuk bersama-sama menjawab tantangan dan memecahkan masalah-masalah tersebut. Kami dengan pengalaman lebih dari 10 tahun mendampingi perusahaan-perusahaan, menawarkan sebuah pendekatan . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Customer Setia tidaklah cukup ! Review Business Model anda sekarang ! Atau pesaing anda akan merebut customer paling setia anda! Beberapa minggu lalu saya mendapatkan email yang sungguh mengejutkan. Toko buku Border di seluruh Australia ditutup karena merugi! Border bukan hanya jaringan toko buku terbesar dan terlengkap di dunia, tetapi Border benar-benar memanjakan customernya dengan ruangan yang luas dan sudut-sudut sofa tempat kita bisa membaca sepuasnya. Saya terhenyak, ternyata ada sesuatu yang sangat berubah saat ini. Mengingat Border adalah mengingat kenangan yang indah. Buku-buku terbaru selalu tersedia dan boleh dibaca sepuasnya untuk calon pembeli. Masih didalam toko buku tersebut ada Cofee Bean . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
SYNCORE Consulting memiliki pendekatan unik dalam memberikan layanan konsultasi kepada UKM dan Start Up. Pendekatan tersebut kami rangkum dalam SYNCORE GLOBAL METHODOLOGY yang didasarkan pada metodologi best practice seperti Good Corporate Governance, Value Chain dan Balanced Score Card. Pendekatan-pendekatan tersebut kami ramu sehingga aplikatif untuk menjawab permasalah di UKM dan Start Up di Indonesia. Untuk konsultasi bisnis ada beberapa layanan yaitu: Studi Kelayakan Bisnis / Feasibility Study – melakukan riset untuk menilai kelayakan dari suatu konsep bisnis dengan melihat potensi pasar dan kesiapan tim manajemen. Hasil dari studi kelayakan bisnis ini adalah laporan review menyeluruh dan bisa dilanjutkan dengan penyusunan Strategic Plan . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Tanya Bisnis : Pembuatan Keputusan Efektif [Bpk Radian] Saya memimpin sebuah perusahaan yang tengah berkembang pesat. Perusahaan saya bergerak di bidang IT dan terdiri dari anak-anak muda yang sangat potensial. Karena pesatnya perkembangan produk dan pemasaran kami, maka kami belum meluangkan cukup waktu untuk memperbaiki sistem internal kami. Hal yang menjadi masalah adalah kami di Direksi seringkali disibukkan dengan pengambilan keputusan yang bersifat mendesak karena tidak bisa di putuskan di level staff kami. Susahnya seringkali kami tidak punya waktu yang cukup dan data yang memadai untuk membuat keputusan-keputusan tersebut. Bagaimana kira-kira mengatasi masalah tersebut. [SYNCORE Consulting] Bpk Radian, sebelumnya kami ucapkan selamat . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
[Mbak Nur] : Saya memiliki bisnis yang saya warisi dari orang tua saya dua tahun yang lalu. Rata-rata karyawan saya telah bekerja 10-20 tahun. Saat ini saya ingin membuat perubahan agar bisnis keluarga saya ini bisa dikelola secara profesional. Tetapi masalahnya adalah para karyawan agak sulit dikendalikan. Mereka selalu mendebat ide-ide saya, walaupun secara halus. Saya merasa mereka kurang percaya dengan kemampuan saya dalam mengelola bisnis, dan mereka merasa jauh lebih tahu. Instruksi saya, pun ketika mereka tidak membantah, hanya dikerjakan setengah-setengah sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Aturan-aturan yang saya tetapkan, misalnya terkait aturan kepegawaian, sering dilanggar, dan saya juga . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Lingkungan bisnis saat ini telah sangat berubah, dan terus berubah dengan cepat. Salah satu kasus yang bisa kita jadikan pelajaran adalah kasus Nokia dan Samsung. Saat ini Nokia tengah bingung. Sebagai penguasa pasar handphone no 1 di dunia selama beberapa tahun terakhir, Nokia saat ini tengah mengalami penurunan sangat tajam. OLeh karenanya Nokia memutuskan untuk masuk pasar-pasar baru yang tengah berkembang, salah satunya adalah Benua Afrika. Menurut laporan dari analis pasar dan tim survei, Afrika diketahui tidak memiliki infrastruktur internet yang memadai, mayoritas memiliki pendapatan per kapita yang rendah dan tingkat pendidikan yang tidak terlalu tinggi. Nokia memiliki sederet produk . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Pengalaman kami di lapangan menunjukkan tiga masalah besar terkait SOP Keuangan di perusahaan kecil dan menengah: Sebagian besar perusahaan kecil dan menengah tidak memiliki SOP Keuangan secara tertulis Beberapa perusahaan kecil dan menengah memiliki SOP Keuangan namun tidak bisa diaplikasikan dengan baik Beberapa perusahana kecil dan menengah sudah memiliki dan mengaplikasikan SOP keuangan, namun pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien belum tercapai. Perusahaan yang tidak memiliki SOP Keuangan akan kesulitan dalam melaksanakan dan mengawasi proses pencatatan dan pelaporan keuangan. Tanpa SOP Keuangan, Bagian keuangan tidak punya dasar dan petunjuk yang baku dalam menjalankan fungsinya. Hal ini seringkali berujung pada keterlambatan penyelesaian laporan keuangan, ketidaklengkapan . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Perusahaan bukan hanya kumpulan mesin, komputer dan gedung, tetapi lebih daripada itu Perusahaan adalah kumpulan dari pengetahuan orang-orang yang ada di dalamnya. Menjadi masalah kalau pengetahuan tersebut tidak berada di kontrol perusahaan, tetapi di kontrol masing-masing karyawan. Coba bayangkan kalau ada salah seorang karyawan anda yang mendadak sakit dan tidak masuk kerja, dan tidak ada orang lain selain karyawan tersebut yang tahu tentang apa yang dia kerjakan kecuali dia sendiri. Pernahkah anda mengalami gangguan dalam bisnis anda ketika salah satu karyawan anda tidak masuk, cuti atau resign? Sebuah temuan yang mengejutkan dari sebuah survei Delphi Group bahwa pengetahuan di dalam perusahaan . . . Read more