posted by admin on May 28, 2012
<iframe width="560" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/P9z9rCi4rsg" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>   Mengapa UKM sulit naik kelas? Karena kebanyak dari mereka memulai bisnis tanpa perencanaan yang matang, dan sebagian besar memulai bisnis karena keterpaksaan atau ketidaksengajaan. Pondasi bisnis yang kurang kuat membuat pengusaha sulit untuk melakukan pengembangan dan ekspansi bisnis. Kuatkan pondasi bisnis anda dengan memperkuat sistem pengelolaan keuangan dan HRD, supaya usaha anda bisa terus tumbuh dan berkembang. . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
    Pelatihan Bimbingan Teknis Audit Internal Rumah Sakit BIMBINGAN TEKNIS (BINTEK) AUDIT INTERNAL UNTUK RUMAH SAKIT (2 Hari Full )   1. Latar belakang Perubahan lingkungan eksternal dan kebutuhan internal menuntut profesi Audit Internal di Rumah Sakit untuk menjadi profesional. Sesuai amanat UU Rumah Sakit No 44 Tahun 2009, Pasal 39 penyelenggaraan rumah sakit harus dilakukan audit, dapat berupa audit kinerja dan audit medis. Lebih lanjut bagi RS yang menerapkan PPK-BLUD berdasarkan Permendagri No. 61 Tahun 2007, Bab XIV Pasal 123 menegaskan bahwa pengawasan operasional BLUD dilakukan oleh pengawas internal atau auditor internal yang berkedudukan langsung di bawah pemimpin BLUD. Kemudian dalam Pasal 125 dinyatakan bahwa internal auditor . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
Training Pelatihan Akuntansi Sekolah – PSAK No 45   Meskipun sekolah bukan organisasi bisnis namun sekolah perlu memiliki laporan keuangan. Manfaat umum laporan keuangan bagi sekolah adalah : Memastikan keberlangsungan sekolah di masa depan Mengukur kinerja pengelola sekolah Laporan keuangan yang saat ini umum disusun oleh sekolah, yaitu laporan realisasi anggaran tidaklah cukup. Laporan realisasi anggaran tidak mencerminkan semua kekayaan dan kewajiban yang dimiliki oleh sekolah. Contohnya adalah realisasi anggaran tidak memberikan informasi yang cukup tentang jumlah dan nilai inventaris, nilai tunggakan SPP siswa ataupun kewajiban-kewajiban jangka pendek ke pihak ketiga. Laporan realisasi anggaran juga tidak memberikan gambaran yang memadai untuk hibah atau sumbangan multi . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
Seminar UKM – Wirausaha, Teknologi dan Akses Perbankan – Bonus Software Akuntansi   Business & Accounting Innovation Center (BAIC) UMY, SYNCORE Consulting bekerjasama dengan Kaizen Institute Jepang mengadakan Seminar Internasional dan Pameran Kreasi UKM dengan Tema Membangun  Wirausaha, Teknologi dan Edukasi Perbankan untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas UKM. Selain seminar akan ada Pameran Kreasi UKM, Pembagian Software Akuntansi dan Penandatanganan MOU. Apabila anda tertarik bisa baca lebih lanjut di brosur dibawah ini . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
  Penyusunan Laporan Keuangan dalam 7 Langkah Apabila sampai saat ini perusahaan anda belum memiliki laporan keuangan, mungkin ada baiknya anda menghubungi kita! Laporan keuangan sangat penting untuk melihat kesehatan perusahaan anda. Banyak pelaku usaha yang cukup puas hanya mendapatkan laporan laba rugi atau aliran kas. Sangat sedikit dari UKM di Indonesia yang memiliki neraca. Apa bahayanya. Laba Rugi menunjukkan prestasi kerja anda dalam mendapatkan profit, tetapi tidak menunjukkan tingkat kesehatan perusahaan anda. Banyak sekali perusahaan yang sangat profitable tetapi akhirnya kolaps karena tidak mampu menjaga keseimbangan antara hutang dan asset. Atau banyak perusahaan yang penjualan tinggi, tetapi akhirnya kolaps karena banyak . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
  Contoh SOP Keuangan   Rekan-rekan entepreneur dan pelaku UKM Ketika usaha kita berkembang, kita sadar bahwa kita perlu membakukan proses bisnis kita. Proses bisnis yang baku, memudahkan kita untuk mengendalikan, mengawasi dan memastikan kualitas output. Pelaksana di lapangan pun akan bekerja lebih mudah kalau ada proses yang baku. Perusahaan menjadi tidak tergantung pada orang, tetapi pada system. Sehingga ketika ada karyawan yang sakit, cuti atau resign, proses bisnis tetap berjalan dengan lancar. Namun begitu, menyusun SOP bagi sebagian besar orang adalah proses yang sulit. Sebenarnya prinsipnya sederhana, yaitu tulis yang anda kerjakan, dan kerjakan yang anda tulis ! Namun prakteknya memang tidak semudah itu, . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
  Fungsi Audit Internal Dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Good Governance   Untuk memperkuat struktur pengendalian manajemen pemerintah maka pemberdayaan peran dan fungsi audit internal menjadi suatu hal yang mutlak untuk direalisasikan. Selanjutnya, jelas dan terarahnya peran dan fungsi audit internal dalam suatu organisasi secara tidak langsung juga akan meningkatkan efektivitas pelaksanaan audit oleh auditor eksternal. Di samping kedua faktor tersebut, adanya kerja sama yang harmonis di antara jajaran audit internal dan audit eksternal juga akan lebih melapangkan jalan dalam pencapaian tujuan dari fungsi audit dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik, adil, dan bersih. Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, adil, transparan, . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
  Tanya Bisnis : Bagaimana Cara Mengendalikan Karyawan     [Mbak Nur] : Saya memiliki bisnis yang saya warisi dari orang tua saya dua tahun yang lalu. Rata-rata karyawan saya telah bekerja 10-20 tahun. Saat ini saya ingin membuat perubahan agar bisnis keluarga saya ini bisa dikelola secara profesional. Tetapi masalahnya adalah para karyawan agak sulit dikendalikan. Mereka selalu mendebat ide-ide saya, walaupun secara halus. Saya merasa mereka kurang percaya dengan kemampuan saya dalam mengelola bisnis, dan mereka merasa jauh lebih tahu. Instruksi saya, pun ketika mereka tidak membantah, hanya dikerjakan setengah-setengah sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Aturan-aturan yang saya tetapkan, misalnya terkait aturan . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
    Inisiasi Project   Barangkali ketika dihadapkan pada penanganan project, tidak hanya berkaitan dengan project di bidang teknologi informasi bahkan project apapun memerlukan beberapa tahapan, Tahapan – tahapan di bawah ini  bisa saja diadopsi ke bentuk lain.  Pun juga effort yang dilakukan akan memerlukan threatment khusus mengenai project yang dihandle , nah disini saya mencoba untuk brainstorming tahapan-tahapan apa saja yang perlu dilakukan ketika handling sebuah project : Tahapan tersebut diantaranya adalah : PRA PROJECT 1. Disini yang harus disiapkan adalah penawaran disertai dengan proposal. Dalam proposal minimal terdapat tujuan, fitur, manfaat, sekilas proses pengembangan dan imlementasi dan (optional) biaya project 2. Negosiasi, referensi teknik negosiasi bisa . . . Read more
posted by magang1 on July 10, 2012
Tanya Bisnis : Pengambilan Keputusan yang Efektif   Tanya Bisnis : Pembuatan Keputusan Efektif [Bpk Radian] Saya memimpin sebuah perusahaan yang tengah berkembang pesat. Perusahaan saya bergerak di bidang IT dan terdiri dari anak-anak muda yang sangat potensial. Karena pesatnya perkembangan produk dan pemasaran kami, maka kami belum meluangkan cukup waktu untuk memperbaiki sistem internal kami. Hal yang menjadi masalah adalah kami di Direksi seringkali disibukkan dengan pengambilan keputusan yang bersifat mendesak karena tidak bisa di putuskan di level staff kami. Susahnya seringkali kami tidak punya waktu yang cukup dan data yang memadai untuk membuat keputusan-keputusan tersebut. Bagaimana kira-kira mengatasi masalah tersebut. [SYNCORE Consulting] . . . Read more