posted by admin on August 5, 2012
Usaha distribusi barang (distributor) atau penjualan retail merupakan usaha yang tidak ada matinya. Namun kompetisi di bidang usaha ini sangatlah ketat. Hal ini disebabkan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan jenis usaha ini relative mudah dijalankan, sehingga dari waktu ke waktu terus bermunculan pemain-pemain baru di industri distribusi dan retail. Konsekuensinya adalah masing-masing pemain harus terus berinovasi untuk bisa menyediakan barang yang berkualitas, dengan harga yang murah dan pelayanan memuaskan. Salah satu strategi yang banyak dipilih untuk bisa mencapai ketiga hal diatas adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi atau software. Penggunaan software dalam mengelola usaha distribusi atau retail, akan . . . Read more
posted by admin on August 13, 2012
Perusahaan atau organisasi nirlaba saat ini semakin sadar tentang pentingnya SOP. SOP atau standard operational procedur adalah dokumen tertulis yang berisi panduan untuk urut-urutan, tata kerja, dokumentasi dan pelaporan. SOP menjadi penting karena perusahaan saat ini dituntut untuk berjalan by system bukan by person.  SOP itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain SOP Pelayanan Prima SOP Operasional SOP Keuangan SOP HRD Kami memiliki pengalaman membantu beberapa perusahaan untuk menyusun SOP Keuangan. Pertanyaan yang umum muncul adalah bagaimana cara SYNCORE membantu penyusunan SOP? Kami telah memiliki template / referensi tentang SOP Keuangan di berbagai jenis usaha. Namun kami sadar bahwa setiap perusahaan memiliki . . . Read more
posted by admin on August 13, 2012
Perusahaan saat ini semakin sadar bahwa persaingan usaha semakin sengit sehingga harus semakin hati-hati dan waspada dalam mengelola perusahaan. Salah satu aspek kehati-hatian dan kewaspadaan adalah dengan memiliki satuan audit internal. Apalagi ketika perusahaan telah berkembang dari satu cabang ke cabang-cabang berikutnya, atau membuka suatu divisi baru. Namun seringkali pemilik atau manajemen perusahaan tidak mengetahui bagaimana cara untuk melakukan audit internal dengan benar. Sehingga seringkali diperlukan konsultan untuk membentuk, melatih atau melakukan fungsi audit internal tersebut. Fungsi audit internal meliputi perencanaan audit tahunan, pelaksanaan audit, pelaporan dan monitoring rekomendasi audit. Saat ini pun fungsi audit internal telah bergeser, bukan menjadi . . . Read more
posted by admin on August 14, 2012
Laporan keuangan merupakan elemen penting dalam pengelolaan perusahaan. Laporan keuangan berfungsi sebagai indikator untuk kesehatan dan kinerja perusahaan. Kesehatan perusahaan tercermin dari perbandingan harta dan kewajiban perusahaan. Sedangkan kinerja perusahaan terlihat dari bagaimana perusahaan mendapatkan profit. Selain itu laporan keuangan juga menunjukkan kemampuan perusahan dalam mengelola kas yang ada. Selain berfungsi secara internal, laporan keuangan juga memiliki fungsi eksternal dalam hal untuk pertanggungjawaban kepada pemegang saham, ataupun melengkapi syarat pengajuan kredit. Sering orang berfikir bahwa laporan keuangan adalah laba rugi atau transaksi kas keluar masuk. Sehingga ketika ditanya, apakah anda memiliki laporan keuangan, mereka spontan menjawab iya, padahal yang mereka miliki . . . Read more
posted by admin on October 31, 2012
Pada 30 - 31 Oktober 2012, telah dilaksanakan Sosialisasi sekaligus Pemetaan Penyusunan SOP Keuangan Perguruan Tinggi BLU di Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar . . . Read more
posted by admin on February 9, 2013
Tahun 2012 baru saja lewat. Apakah anda sudah mengevaluasi laporan keuangan 2012? Apakah ada peningkatan laba di tahun 2012 dibanding tahun sebelumnya? Menurut perhitungan kami tahun 2012, seharusnya perusahaan bisa meraih kenaikan laba sebesar 18%. Perhitungan kami adalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia sebesar 6% per tahun, paling tidak akan memberikan kontribusi kenaikan laba sebesar 3 kalinya. Apabila laba perusahaan anda tidak naik atau naik tetapi kurang dari 18%, maka pasti ada yang hal yang perlu dibenahi dari bisnis anda? Berikut ini kami memberikan beberapa analisa tentang 5 faktor yang perlu anda perhatikan untuk review kinerja tahun 2012 dan merancang strategi . . . Read more
posted by admin on February 9, 2013
Sejak awal SYNCORE berdiri sampai saat ini, mayoritas klien yang kami tangani adalah perusahaan keluarga. Perusahaan tersebut awalnya didirikan karena profesi, hobby atau kebetulan, tanpa pernah menyangka akan menjadi besar. Pada awalnya yang direkrut menjadi karyawan adalah orang-orang dekat, apakah itu saudara, teman, atau tetangga. Pengelolaan perusahaan mengandalkan aspek kepercayaan dan saling gotong royong. Tidak ada job desc. Tidak ada jenjang karir dan tidak ada sistem remunerasi, bahkan tidak ada kontrak atau status karyawan. Ketika perusahaan lambat laun perusahaan mulai membesar timbul masalah. Pemilik perusahaan mulai harus merekrut profesional untuk mengisi posisi dengan keahlian khusus seperti keuangan, manager, HRD dan . . . Read more
posted by Rudy Syncore on February 18, 2013
Term of Reference No 352/II/SP-SYNC/2013   Pelatihan Pelaporan Keuangan Sesuai dengan PSAK ETAP untuk Organisasi Nirlaba, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, BLU, Unit PKBL dan UKM   Latar Belakang Indonesia sebagai anggota dari G-20 telah berkomitmen untuk menerapkan International Financial Reporting Standards (IFRS) pada tahun 2012. IFRS merupakan standar akuntansi yang berlaku global dan saat ini telah diterapkan di 122 negara. Standar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dan memudahkan investasi lintas negara. Namun standar ini cukup rumit untuk dilaksanakan oleh perusahaan kecil, sehingga Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengeluarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (PSAK – ETAP) yang efektif mulai . . . Read more
posted by admin on February 28, 2013
SYNCORE Consulting & Systems adalah jaringan konsultan, pengembang software dan penyedia training yang sedang berkembang dengan pesat. Saat ini kami sedang menangani proyek di Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, Eksportir, Distributor Komputer, Payment Online, Yayasan dan UKM untuk membantu organisasi tersebut melakukan transformasi dari organisasi tradisional menjadi organisasi modern. Produk dan layanan kami meliputi penyusunan studi kelayakan, penyusunan SOP, Syncore PRO - Accounting Software, Software Akuntansi untuk Rumah Sakit, Point of Sales, HRD System, Project Management System dan berbagai training. Untuk mendukung ekspansi kami di tahun 2013, kami membutuhkan tambahan anggota team sebagai : SENIOR PROGRAMMER Info Lowongan di Jobstreet http://siva-id.jobstreet.com/_ads/id/jobs/2013/2/default/40/764636.htm?2821255 Responsibilities: Senior Programmer adalah . . . Read more
posted by admin on February 28, 2013
LOWONGAN MAGANG/JUNIOR CONSULTANT/IMPLEMENTATOR Apabila anda sudah bebas teori, sedang menunggu wisuda atau baru saja lulus dari Jurusan Akuntansi atau Ilmu Komputer/Teknologi Informasi/Sistem Informasi. Bergabunglah bersama kami menjadi Junior Consultant/Implementator System Anda akan diberikan training untuk : Setup System Akuntansi Accounting Service Data Collection Masa kerja 1 sd 3 bulan. Diutamakan untuk Mahasiswa dengan pengalaman organisasi cukup Senang tantangan Bercita-cita menjadi Auditor/Konsultan Memiliki kendaraan & Laptop Mahir menggunakan Excell Seleksi administrasi,test tertulis dan wawancara Setelah selesai program anda akan mendapatkan sertifikat pengalaman kerja dan Peserta yang berprestasi akan mendapatkan prioritas untuk tes calon karyawan PT SYNCORE INDONESIA. Peserta magang/junior consultant dan implementator akan mendapatkan uang saku. Kirimkan . . . Read more