Posts Tagged with pelatihan

posted by admin on December 30, 2013
Penyusunan RBA adalah tahapan sentral dalam memanfaatkan fleksibilitas anggaran BLU. Sebuah BLU perlu menyelaraskan RSB (Rencana Strategis Bisnis) dengan RBA. Menurut pengalaman kita dalam melaksanakan pelatihan, banyak BLU yang ternyata belum menyusun RSB dengan baik, sehingga menyulitkan mereka dalam menyusun RBA. Selain belum tersusunnya RSB, kendala lain adalah masalah tata aturan yang kadang belum sinkron. Setelah ditetapkan sebagai BLU maka BLU cukup membuat RBA dan membuat ikhtisar RBA untuk integrasi ke RKA K/L. Namun banyak pejabat teknis keuangan di lapangan yang belum begitu paham dengan hal tersebut, sehingga fleksibilitas BLU tidak bisa digunakan secara optimal. Oleh karenanya kami melakukan pelatihan secara . . . Read more
posted by admin on February 20, 2014
SYNCORE terus menegaskan komitmen terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Salah satu kendala utama UMKM di Indonesia adalah kesulitan dalam penyusuna laporan keuangan. Tanpa ada laporan keuangan UMKM kesulitan dalam mengevaluasi kesehatan dan kinerja organisasi. UMKM bukan tidak sadar atas masalah ini, tetapi mereka tidak memiliki bekal pengetahuan yang cukup. Sebagian besar dari UMKM memulai usaha bukan dengan persiapan yang memadai tetapi lebih karena keterpaksaan, kebetulan atau mewarisi usaha dari orang tua. Selain itu karena mereka terlibat dalam operasional sehari-hari di perusahan maka mereka tidak memiliki banyak waktu.  Pendekatan yang kami gunakan adalah dengan membentuk kelompok belajar. Masing-masing UMKM bisa saling bertukar . . . Read more
posted by admin on March 4, 2014
Pada hari Selasa 4 Maret 2014 telah sukses berjalan Training Gratis KEJAR UMKM Batch 1 dengan Tema Diagnosa Bisnis. Pada sesi pertama ini diterangkan tentang tujuan dari KEJAR UMKM yaitu masing-masing UMKM saling belajar satu satu lain untuk mengejar ketertinggalan terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Sebelum dapat mengelola keuangn dengan baik, maka UMKM perlu memahami bisnis yang dijalankan. Pada sesi ini instruktur yaitu Bp Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA mengajarkan bagaimana menggunakan Business Model Generation (BMG) dan Value Chain Analysis (VCA) untuk memahami bisnis. Setelah melakukan pemahaman bisnis peserta mencoba menganalisa kesehatan bisnis dengan mengklasifikasikan bisnis ke start up, growth, mature atau . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Pada tanggal 16 sd 17 Juli 2012 bertempat di Jogja Plaza Hotel telah dilaksanakan Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada Bagian Keuangan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Audit Internal. Pelatihan berlangsung selama dua hari dengan mencakup tema Bagaimana cara membentuk Satuan Audit Internal ? Bagaimana melakukan perencanaan Audit? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk menentukan area prioritas? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk merancang program audit? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk pos Neraca? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk Pos Laba Rugi? Bagaimana menindaklanjuti temuan audit? Bagaimana menyusun laporan Audit? Peserta selama dua hari sangat antusias karena pelatihan ini mengkombinasikan pemahaman dan simulasi . Peserta di . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Perguruan Tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sehingga perguruan tinggi dituntut untuk terus membenahi kualitas pembelajaran dan manajemen internal. Salah satu upaya untuk menguatkan manajemen internal adalah dengan menyusun Standard Operating Procedures. Secara umum Standard Operating Procedures mencakup beberapa proses bisnis antara lain: 1. SOP Pelayanan Prima (Service Excellence) 2. SOP Keuangan 3. SOP Akademik 4. SOP SDM SOP Keuangan bertujuan untuk memastikan pencatatan dan pelaporan keuangan di Perguruan Tinggi mencapai standar kualitas pencatatan dan pelaporan keuangan yaitu: 1. Andal (didukung bukti-bukti yang valid) 2. Akurat (perhitungan matematis tepat) 3. Lengkap (semua transaksi dilaporkan) 4. Tepat Waktu (laporan keuagan selesai pada waktu yang ditetapkan) 5. Tepat Penyajian . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Aspek keuangan merupakan bagian penting dalam suatu unit kerja atau organisasi. Tertib pengelolaan keuangan akan berdampak positif terhadap sistem pengelolaan organisasi secara keseluruhan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan dalam suatu organisasi merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola organisasi yang sehat dan kredibel. Amal usaha Muhammadiyah termasuk sekolah dan lembaga pendidikan lainnya telah berkembang cukup pesat baik jumlah maupun nilai asetnya sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat terwujud organisasi yang baik dan bermartabat. Untuk itu kami akan menyelenggarakan lagi training atau pelatihan pencatatan dan pelaporan keuangan yang bertujuan untuk : Sekolah atau Perguruan Tinggi dapat menyusun Rencana Anggran dan Rencara . . . Read more
posted by Rudy Syncore on June 4, 2013
SYNCORE berkomitmen untuk membantu organisasi dan individu untuk melakukan transformasi ke tingkat yang lebih baik, terutama dalam hal pengelolaan keuangan dan manajemen. Berdasarkan pengalaman kami dalam menyelenggarakan training, kami pilih rangkaian training yang mendapat respon terbaik dari peserta. Rangkaian training ini membahas pokok permasalahan organisasi yaitu "bagaimana membawa organisasi ke arah yang lebih baik", "bagaimana mengelola sumberdaya organisasi yang terbatas", "bagaimana meningkatkan pengendalian internal bagi organisasi secara keseluruhan", "bagaimana meningkatkan pengelolaan persediaan dan asset" "bagaimana meningkatkan pengelolaan di sekolah" "bagaimana membuat laporan keuangan BLU" "bagaimana mengelola rumah sakit menjadi lebih baik" Apabila jadwal yang kami tampilkan dibawah ini belum sesuai dengan jadwal anda, anda bisa meminta konfirmasi ke . . . Read more
posted by admin on June 5, 2013
Pada tanggal 3 Juni 2013, SYNCORE telah berhasil menyelenggarakan acara Open Recruitment PLN yang diikuti kurang lebih 2000 peserta. Meskipun persiapan terhitung mepet yaitu hanya 10 hari, SYNCORE dengan mengerahkan total 50 orang berhasil menghandle acara dengan baik. Acara tes akademik tersebut terbagi menjadi tiga sesi yaitu Sesi 1 jam 07.30 - 10.30 Sesi 2 Jam 11 - 14.00 dan Sesi 3 Jam 14.30 sampai dengan 17.30. Ketiga sesi tersebut berlangsung secara maraton. Berikut ini adalah gambaran kegiatan yang berlangsun tanggal 3 Juni 2013 tersebut 1. Persiapan Pra Acara - Gladi Bersih Kami percaya dibalik kesuksesan sebuah acara ada persiapan yang matang. Untuk . . . Read more
posted by admin on June 26, 2013
Alhamdulillah Team SYNCORE bekerjasama dengan LPPK PWM Muhammadiyah Yogyakarta, dipercaya untuk mengembangkan dan mendampingi implementasi Software Keuangan Sekolah pada hari Selasa 24 Juni 2013. Total sekolah yang terlibat dalam program ini adalah 80 sekolah menengah atas (SMU/SMK/Madrasah ) Muhammadiyah se Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahap pertama dilakukan instalasi dan pelatihan untuk pemanfaatan Modul Pembayaran Siswa yang meliputi pembayaran SPP, Uang Gedung, Uang Seragam, dll. Setelah menggunakan software ini bendahara penerima SPP/Kasir cukup memanggil no induk siswa dan akan keluar jumlah yang harus dibayar oleh siswa tersebut. Sistem ini sangat membantu untuk merekap total penerimaan per kelas, per hari dan merekap tunggakan . . . Read more
posted by Rudy Syncore on September 5, 2013
PENAWARAN PELATIHAN & PENDAMPINGAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU)   PT SYNCORE INDONESIA   Bapak ibu semua pengelola Rumah Sakit dan Pendidikan Tinggi dengan pola pengelolaan keuangan BLU, menindaklanjuti permintaan informasi mengenai jadwal pelatihan BLU, bersama ini kami sampaikan jadwal pelatihan selama bulan September dan Oktober 2013           Keterangan 1.       Biaya Per Peserta adalah Rp3.750.000 (Tigajutatujuhratuslimapuluhribu rupiah) (diluar akomodasi) 2.       Fasilitas peserta adalah Tas, Materi, Snack dan Makan Siang. Tempat di Hotel di Jogjakarta. 3.       Setiap Peserta akan melakukan pre test dan post test dan mendapatkan sertifikat. 4.       Pemateri antara lain adalah : a.       Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak (Konsultan Senior SYNCORE) b.      Moh. Mahsun, SE.M.Si.CA.CPA (Konsultan BLU) c.       Triambarsih SE (Konsultan Rumah Sakit) d.      Praktisi RSUD BLUD . . . Read more