Posts Tagged with RKA

posted by ika on September 11, 2017
RKA dan RBA merupakan salah satu dokumen yang harus disusun oleh Puskesmas yang sudah menjadi BLUD untuk penganggaran pendapatan dan biaya diperiode selanjutnya. Namun, masih banyak puskesmas yang masih beranggapan bahwa RKA dan RBA itu sama, padahal kenyataannya kedua laporan tersebut merupakan dokumen yang berbeda. Berikut ini merupakan gambaran detail mengenai perbedaan RBA dan RKA serta bagaimana isi dari RBA dan RKA yang benar.Keterangan:RKA: dalam penyajian anggaran dalam RKA cukup dengan menyajikan nominal pada belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal (ditandai dengan warna hijau). Sehingga di RKA tidak perlu dibuatkan rincian dari setiap anggaran belanja tersebut, cukup . . . Read more
posted by ika on September 8, 2017
     RKA dan RBA merupakan hal wajib yang harus disusun oleh masing-masing Puskesmas yang sudah menyandang status BLUD. RKA dan RBA yang disusun merupakan rencana jangka pendek satu tahunan Puskesmas sebagai implementasi dari rencana jangka panjang lima tahunan Puskesmas yang notabene adalah RSB (Rencana Strategi Bisnis).      Sebelum membahas lebih dalam mengenai RKA dan RBA terlebih dahulu akan dibahas mengenai definisi dan perbedaan antara RKA dan RBA sebagai berikut : RKA adalah Rencana Kegiatan Anggaran. Lebih jelas lagi RKA adalah anggaran atau proyeksi pendapatan dan belanja per kegiatan yang akan dilakukan oleh Puskesmas, baik untuk kegiatan yang . . . Read more
posted by ika on September 7, 2017
RKA disajikan dalam format global, anggaran belanja hanya dipisahkan berdasarkan belanja pegawai, belanja barang dan jasa dan belanja modal tanpa perlu untuk disajikan rinciannya. Berikut ini contoh Format RKA.Format RKAKeterangan:n. Belanja Pegawai BLUD : anggaran belanja khusus untuk belanja pegawai selama satu periode. Belanja pegawai ini digabung menjadi satu baik itu untuk pegawai di bagian pelayanan maupun pegawai di bagian administrasi dan umum.y. Belanja Barang dan Jasa BLUD : anggaran belanja untuk belanja barang dan jasa BLUD selama satu periode. Belanja barang dan jasa ini merupakan keseluruhan anggaran biaya baik dari kegiatan operasional maupun non-operasional.y. Belanja Modal BLUD: anggaran belanja . . . Read more
posted by ika on September 7, 2017
Kewajiban setelah menjadi BLUD salah satunya adalah membaut RBA tahunan, yang biasanya RBA Definitif disusun mulai Agustus dan diikut sertakan menjadi lampiran RKA untuk disahkan menjadi RBA. Kesalahan yang sering terjadi diinstansi BLUD ini adalah menyamakan RKA belanja dan RBA, sehingga RKA masih rinci. Di bawah ini adalah contoh dokumen DPA yang sudah benar, yaitu hanya berpost pada 3 jenis belanja, 5.2.1.x.x Belanja Pegawai Puskesmas BLUD 5.2.2.x.x Belanja Barang dan jasa Puskesmas BLUD 5.2.3.x.x Belanja Modal Puskesmas BLUD, Oleh sebab itu DPA BLUD hanya satu lembar saja, seperti di bawah ini:Bagaimana dengan RBA nya? RBA nya dirinci seperti di bawah . . . Read more
posted by diana on September 7, 2017
Pada tanggal 18 – 19 Agustus 2017 bertempat di Hotel Pesonna Tugu Yogyakarta, telah dilaksanakan Pelatihan Penyusunan Renstra & RKA Rumah Sakit AR Bunda Lubuklinggau Sumatera Selatan. Di hari pertama pelatihan diisi dengan materi Ketentuan Umum Penyusunan Renstra, Pengantar Penyusunan Anggaran berbasis kinerja, Proses Penyusunan Renstra, Sistematika Anggaran Berbasis Kinerja serta Penyusunan Gambaran umum Analisis Eksternal dan Internal dengan narasumber Bapak Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA.Suasana pelatihan dengan narasumber Bp. Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,AK.,CA           Di hari kedua pelatihan diisi oleh narasumber Ibu Mariska Urhmila, SE.,M.Kes yang membawakan materi Analisa Kinerja Tahun Berjalan dan Proyeksi Keuangan. Di sesi siang peserta . . . Read more