Posts Tagged with P

posted by ghufron on March 22, 2014
Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat ini sudah mulai berkembang pesat dan semakin menarik perhatian para wirausaha muda. Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, maka para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, khususnya dalam bidang teknologi informasi untuk pengelolaan keuangan. Maka dari itu, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan juga berkembangnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah, di tahun 2013 ini PT Syncore Indonesia berencana untuk mengembangkan sebuah sistem informasi akuntansi yang dikhususkan untuk UMKM dengan nama Syncorepro UMKM. Modul-modul yang ada di Syncorepro UMKM sudah dirancang sedemikian rupa . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Pada tanggal 16 sd 17 Juli 2012 bertempat di Jogja Plaza Hotel telah dilaksanakan Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada Bagian Keuangan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Audit Internal. Pelatihan berlangsung selama dua hari dengan mencakup tema Bagaimana cara membentuk Satuan Audit Internal ? Bagaimana melakukan perencanaan Audit? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk menentukan area prioritas? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk merancang program audit? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk pos Neraca? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk Pos Laba Rugi? Bagaimana menindaklanjuti temuan audit? Bagaimana menyusun laporan Audit? Peserta selama dua hari sangat antusias karena pelatihan ini mengkombinasikan pemahaman dan simulasi . Peserta di . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Perguruan Tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sehingga perguruan tinggi dituntut untuk terus membenahi kualitas pembelajaran dan manajemen internal. Salah satu upaya untuk menguatkan manajemen internal adalah dengan menyusun Standard Operating Procedures. Secara umum Standard Operating Procedures mencakup beberapa proses bisnis antara lain: 1. SOP Pelayanan Prima (Service Excellence) 2. SOP Keuangan 3. SOP Akademik 4. SOP SDM SOP Keuangan bertujuan untuk memastikan pencatatan dan pelaporan keuangan di Perguruan Tinggi mencapai standar kualitas pencatatan dan pelaporan keuangan yaitu: 1. Andal (didukung bukti-bukti yang valid) 2. Akurat (perhitungan matematis tepat) 3. Lengkap (semua transaksi dilaporkan) 4. Tepat Waktu (laporan keuagan selesai pada waktu yang ditetapkan) 5. Tepat Penyajian . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Aspek keuangan merupakan bagian penting dalam suatu unit kerja atau organisasi. Tertib pengelolaan keuangan akan berdampak positif terhadap sistem pengelolaan organisasi secara keseluruhan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan dalam suatu organisasi merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola organisasi yang sehat dan kredibel. Amal usaha Muhammadiyah termasuk sekolah dan lembaga pendidikan lainnya telah berkembang cukup pesat baik jumlah maupun nilai asetnya sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat terwujud organisasi yang baik dan bermartabat. Untuk itu kami akan menyelenggarakan lagi training atau pelatihan pencatatan dan pelaporan keuangan yang bertujuan untuk : Sekolah atau Perguruan Tinggi dapat menyusun Rencana Anggran dan Rencara . . . Read more
posted by admin on August 13, 2012
Perusahaan atau organisasi nirlaba saat ini semakin sadar tentang pentingnya SOP. SOP atau standard operational procedur adalah dokumen tertulis yang berisi panduan untuk urut-urutan, tata kerja, dokumentasi dan pelaporan. SOP menjadi penting karena perusahaan saat ini dituntut untuk berjalan by system bukan by person.  SOP itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain SOP Pelayanan Prima SOP Operasional SOP Keuangan SOP HRD Kami memiliki pengalaman membantu beberapa perusahaan untuk menyusun SOP Keuangan. Pertanyaan yang umum muncul adalah bagaimana cara SYNCORE membantu penyusunan SOP? Kami telah memiliki template / referensi tentang SOP Keuangan di berbagai jenis usaha. Namun kami sadar bahwa setiap perusahaan memiliki . . . Read more
posted by admin on August 14, 2012
Laporan keuangan merupakan elemen penting dalam pengelolaan perusahaan. Laporan keuangan berfungsi sebagai indikator untuk kesehatan dan kinerja perusahaan. Kesehatan perusahaan tercermin dari perbandingan harta dan kewajiban perusahaan. Sedangkan kinerja perusahaan terlihat dari bagaimana perusahaan mendapatkan profit. Selain itu laporan keuangan juga menunjukkan kemampuan perusahan dalam mengelola kas yang ada. Selain berfungsi secara internal, laporan keuangan juga memiliki fungsi eksternal dalam hal untuk pertanggungjawaban kepada pemegang saham, ataupun melengkapi syarat pengajuan kredit. Sering orang berfikir bahwa laporan keuangan adalah laba rugi atau transaksi kas keluar masuk. Sehingga ketika ditanya, apakah anda memiliki laporan keuangan, mereka spontan menjawab iya, padahal yang mereka miliki . . . Read more
posted by admin on October 31, 2012
Pada 30 - 31 Oktober 2012, telah dilaksanakan Sosialisasi sekaligus Pemetaan Penyusunan SOP Keuangan Perguruan Tinggi BLU di Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar . . . Read more
posted by Rudy Syncore on February 18, 2013
Term of Reference No 352/II/SP-SYNC/2013   Pelatihan Pelaporan Keuangan Sesuai dengan PSAK ETAP untuk Organisasi Nirlaba, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, BLU, Unit PKBL dan UKM   Latar Belakang Indonesia sebagai anggota dari G-20 telah berkomitmen untuk menerapkan International Financial Reporting Standards (IFRS) pada tahun 2012. IFRS merupakan standar akuntansi yang berlaku global dan saat ini telah diterapkan di 122 negara. Standar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dan memudahkan investasi lintas negara. Namun standar ini cukup rumit untuk dilaksanakan oleh perusahaan kecil, sehingga Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengeluarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (PSAK – ETAP) yang efektif mulai . . . Read more
posted by admin on May 16, 2013
Sejak akhir tahun 2012, SYNCORE dengan KOPERASI ANGKASA PURA (KOKAPURA) Bandara Adisucipto telah menjalin kerjasama untuk mengembangkan Sistem Kasir Terpadu di Pujasera Avia. Pujasera Avia terletak disebelah utara parkir mobil Bandar Adisucipto. Saat ini Pujasera tersebut menampung 18 tenan. Maksud pendirian dari Pujasera Avia tersebut adalah menyediakan kantin dengan harga terjangkau, tempat yang nyaman dan pelayanan prima baik untuk pengunjung maupun pengantar penumpang pesawat. Salah satu tantanga dari Pujasera Avia adalah menerapkan satu kasir terpadu untuk 18 tenan dan menerapkan bagi hasil yang meringankan beban sewa dari para tenan. Untuk itu diperlukan dukungan software yang memadai dan KOKAPURA melihat SYNCORE . . . Read more
posted by Rudy Syncore on June 4, 2013
SYNCORE berkomitmen untuk membantu organisasi dan individu untuk melakukan transformasi ke tingkat yang lebih baik, terutama dalam hal pengelolaan keuangan dan manajemen. Berdasarkan pengalaman kami dalam menyelenggarakan training, kami pilih rangkaian training yang mendapat respon terbaik dari peserta. Rangkaian training ini membahas pokok permasalahan organisasi yaitu "bagaimana membawa organisasi ke arah yang lebih baik", "bagaimana mengelola sumberdaya organisasi yang terbatas", "bagaimana meningkatkan pengendalian internal bagi organisasi secara keseluruhan", "bagaimana meningkatkan pengelolaan persediaan dan asset" "bagaimana meningkatkan pengelolaan di sekolah" "bagaimana membuat laporan keuangan BLU" "bagaimana mengelola rumah sakit menjadi lebih baik" Apabila jadwal yang kami tampilkan dibawah ini belum sesuai dengan jadwal anda, anda bisa meminta konfirmasi ke . . . Read more