Posts Tagged with E

posted by admin on February 20, 2014
SYNCORE terus menegaskan komitmen terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Salah satu kendala utama UMKM di Indonesia adalah kesulitan dalam penyusuna laporan keuangan. Tanpa ada laporan keuangan UMKM kesulitan dalam mengevaluasi kesehatan dan kinerja organisasi. UMKM bukan tidak sadar atas masalah ini, tetapi mereka tidak memiliki bekal pengetahuan yang cukup. Sebagian besar dari UMKM memulai usaha bukan dengan persiapan yang memadai tetapi lebih karena keterpaksaan, kebetulan atau mewarisi usaha dari orang tua. Selain itu karena mereka terlibat dalam operasional sehari-hari di perusahan maka mereka tidak memiliki banyak waktu.  Pendekatan yang kami gunakan adalah dengan membentuk kelompok belajar. Masing-masing UMKM bisa saling bertukar . . . Read more
posted by admin on March 4, 2014
Pada hari Selasa 4 Maret 2014 telah sukses berjalan Training Gratis KEJAR UMKM Batch 1 dengan Tema Diagnosa Bisnis. Pada sesi pertama ini diterangkan tentang tujuan dari KEJAR UMKM yaitu masing-masing UMKM saling belajar satu satu lain untuk mengejar ketertinggalan terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Sebelum dapat mengelola keuangn dengan baik, maka UMKM perlu memahami bisnis yang dijalankan. Pada sesi ini instruktur yaitu Bp Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA mengajarkan bagaimana menggunakan Business Model Generation (BMG) dan Value Chain Analysis (VCA) untuk memahami bisnis. Setelah melakukan pemahaman bisnis peserta mencoba menganalisa kesehatan bisnis dengan mengklasifikasikan bisnis ke start up, growth, mature atau . . . Read more
posted by yeni on March 22, 2014
Mungkin muncul pertanyaan di benak Anda yang memiliki usaha seperti berapa si omset saya per bulan? Apakah usaha saya sehat atau tidak? Apakah saya sudah bisa buka cabang lagi? Saya sering menemui beberapa klien yang bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan diatas. Jawabannya bisa ditemukan setelah kita menyusun laporan keuangan. Nah, sedikit share mengenai pengalaman saya dalam konsultasi/pendampingan penyusunan Laporan Keuangan Tahunan CV.Movie Box Indonesia. CV Movie Box Indonesia merupakan bisnis yang awalnya sebuah rental film dalam bentuk VCD/DVD dan penyewaan peralatan home theater, dalam perjalanannya berkembang menjadi sebuah bisnis hiburan yang berkonsepkan home entertaiment dirintis sejak bulan Februari 2004 dan telah berkembang . . . Read more
posted by ghufron on March 22, 2014
Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat ini sudah mulai berkembang pesat dan semakin menarik perhatian para wirausaha muda. Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, maka para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, khususnya dalam bidang teknologi informasi untuk pengelolaan keuangan. Maka dari itu, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan juga berkembangnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah, di tahun 2013 ini PT Syncore Indonesia berencana untuk mengembangkan sebuah sistem informasi akuntansi yang dikhususkan untuk UMKM dengan nama Syncorepro UMKM. Modul-modul yang ada di Syncorepro UMKM sudah dirancang sedemikian rupa . . . Read more
posted by ghufron on March 29, 2014
Syncore Hotel merupakan software yang digunakan untuk mencatat transaksi yang terjadi di hotel dan juga menampilkan laporan keuangan. Beberapa modul yang tersedia di Syncore Hotel adalah : Data Tamu Data Kamar Data Persediaan Data Reservasi Booking Checkin Checkout Pembayaran Kas Bank Buku Bank Uang Masuk Uang Keluar Buku Besar Daftar Akun Jurnal Umum Transaksi Jurnal dll Keunggulan dari software SYNCORE HOTEL adalah : Modular. Syncore HOTEL terdiri dari modul-modul dengan fleksibilitas yang tinggi sehingga memudahkan implementasi, pemeliharaan dan penambahan modul baru. Client – Server Architecture. Syncore POS dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar yang meliputi business rules, user level, security dan metodologi programming. Multi User – Multi Tasking. Syncore HOTEL dapat dioperasikan oleh pengguna (user) . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Pada tanggal 16 sd 17 Juli 2012 bertempat di Jogja Plaza Hotel telah dilaksanakan Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada Bagian Keuangan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Audit Internal. Pelatihan berlangsung selama dua hari dengan mencakup tema Bagaimana cara membentuk Satuan Audit Internal ? Bagaimana melakukan perencanaan Audit? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk menentukan area prioritas? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk merancang program audit? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk pos Neraca? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk Pos Laba Rugi? Bagaimana menindaklanjuti temuan audit? Bagaimana menyusun laporan Audit? Peserta selama dua hari sangat antusias karena pelatihan ini mengkombinasikan pemahaman dan simulasi . Peserta di . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Perguruan Tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sehingga perguruan tinggi dituntut untuk terus membenahi kualitas pembelajaran dan manajemen internal. Salah satu upaya untuk menguatkan manajemen internal adalah dengan menyusun Standard Operating Procedures. Secara umum Standard Operating Procedures mencakup beberapa proses bisnis antara lain: 1. SOP Pelayanan Prima (Service Excellence) 2. SOP Keuangan 3. SOP Akademik 4. SOP SDM SOP Keuangan bertujuan untuk memastikan pencatatan dan pelaporan keuangan di Perguruan Tinggi mencapai standar kualitas pencatatan dan pelaporan keuangan yaitu: 1. Andal (didukung bukti-bukti yang valid) 2. Akurat (perhitungan matematis tepat) 3. Lengkap (semua transaksi dilaporkan) 4. Tepat Waktu (laporan keuagan selesai pada waktu yang ditetapkan) 5. Tepat Penyajian . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Aspek keuangan merupakan bagian penting dalam suatu unit kerja atau organisasi. Tertib pengelolaan keuangan akan berdampak positif terhadap sistem pengelolaan organisasi secara keseluruhan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan dalam suatu organisasi merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola organisasi yang sehat dan kredibel. Amal usaha Muhammadiyah termasuk sekolah dan lembaga pendidikan lainnya telah berkembang cukup pesat baik jumlah maupun nilai asetnya sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat terwujud organisasi yang baik dan bermartabat. Untuk itu kami akan menyelenggarakan lagi training atau pelatihan pencatatan dan pelaporan keuangan yang bertujuan untuk : Sekolah atau Perguruan Tinggi dapat menyusun Rencana Anggran dan Rencara . . . Read more
posted by admin on July 29, 2012
Saat ini di Indonesia diperkirakan ada kurang lebih 50juta unit bisnis mikro kecil dan menengah (UMKM). Unit bisnis tersebut mampu menyerap 98% tenaga kerja di Indonesia dan menyokong lebih dari 50% pendapatan bruto republik ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa peran UKM dalam menggerakkan ekonomi Indonesia sangat signifikan. Namun demikian kurang lebih hanya 500ribu yang dari 50 juta atau hanya 1% UKM yang memiliki badan hukum dan dikelola dengan professional.     Masalah lain yang membelit UKM adalah tingginya tingkat kegagalan usaha, terutama untuk UKM pemula (Start Up). Apabila kita mencermati statistik perkembangan UKM maka setiap tahun rata-rata ada penambahan UKM baru sekitar 1.2 juta . . . Read more
posted by admin on July 29, 2012
Perkembangan bisnis terus terjadi, persaingan semakin keras dan teknologi semakin maju, sehingga mau tidak mau perusahan anda harus terus menerus belajar dan menyesuaikan diri. Salah satu aspek yang  tidak bisa dilewatkan adalah pembaharuan dalam bidang teknologi informasi untuk pengelolaan keuangan. Saat ini mungkin anda sudah menggunakan software untuk mencatat transaksi yang terjadi, namun pertanyaannya apakah software anda tersebut masih sesuai dengan perkembangan bisnis saat ini? Memang ada banyak sekali software yang ditawarkan diluar sana, namun hal terpenting dalam implementasi software di perusahaan adalah faktor manusia bukan faktor software tersebut. Apa artinya? Kami sering menemukan kegagalan implementasi software di perusahaan disebabkan bukan . . . Read more