Posts Tagged with Bisnis

posted by ika on September 22, 2017
Dinas Kota Mojokerto memiliki 5 puskesmas yang ditetapkan awal tahun 2017 lalu. 5 Pukesmas tersebut sedang dalam pengerjaan RBA 2018, dan akhirnya sudah selesai dikerjakan hanya dalam waktu satu hari dengan bantuan aplikasi PPK BLUD Syncore.Kegiatan pelatihan penyusunan RBA dan laporan keuangan SAK di Dinas Kota Mojokerto berlangsung selama tiga hari, mulai hari Senin Hingga hari Rabu (18-21 September 2017) dengan narasumber Niza Wibyana Tito, M.Kom. Kegiatan tersebut bukan pelatha menggunakan data demo, melainkan data real milik puskesmas masing-masing, inilah metode pelatihan Syncore sehingga dalam waktu satu hari sudah dapat menyelesaikan RBA.Hari pertama, bermula pukul 09.00 pemateri menyamakan dahulu pemahaman mengenai . . . Read more
posted by danik on September 8, 2016
 RBA disajikan dan disusun secara tahunan sebelum tahun anggaran, akan tetapi pada pertengahan tahun anggaran (akhir semester 1) jika akan dilakukan perubahan pada RBA, maka pihak Satker BLU dapat mengusulkan RBA perubahan (RBA-P).Keterangan:Penyusunan RBA 20161. Pengesahan menjadi BLU di bulan Maret 20162. Perubahan anggaran / penyusunan dan pengesahan RBA 3. Penatausahaan dan pencairan anggaran berbasis RBA 4. Pertanggungjawaban (3 bln) dan penyusunan laporan keuangan SAK (1 semester)   Penyusunan RBA 20171. Penyusunan RBA 20172. Pengesahan RBA 2017 (maksimal 31 Des 2016) 3. Penatausahaan dan pencairan berbasis RBA 2017 dan SPTJ Triwulan 1 4. Penyusunan SPTJ Triwulan 2 dan Laporan Keuangan SAK . . . Read more
posted by danik on September 8, 2016
Rencana Bisnis dan Anggaran BLUD, yang selanjutnya disingkat RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan pengangaran tahunan yang berisi program, kegiatan, target kinerja dan anggaran BLUD. Penyusunan RBA tahunan berpedoman pada renstra bisnis BLUD.Berikut ini peraturan-peraturan yang digunakan dalam penyusunan RBA:1. Undang – undang No 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara2. Undang – undang No 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara3. Undang – undang No 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara4. Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan BLU5. Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2012 Tentang Perubahan Pertama Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2005 . . . Read more
posted by kukuh_budiman on July 4, 2015
Sebagai lembaga consultant yang memiliki fokus pada pengembangan UMKM, Syncore Consulting dipercaya oleh pelaku usaha kecil dan menengah “Ayam Geprek Starback” untuk melakukan Bisnis Chek-up.Di Yogyakarta, Ayam Geprek Starback adalah pendatang baru dunia kuliner yang berbahan baku Ayam. Meski demikian, Ayam Geprek Starback tidak bisa disamakan dengan Ayam Geprek lainnya. Baik dari segi kualitas produk ataupun usahanya.Meski baru berdiri beberapa bulan lalu dan belum sebesar perusahaan ayam goreng dari negeri sebrang, Ayam Geprek Starback sudah menunjukkan keseriusannya dibidang kuliner.Berbeda dengan para pelaku kuliner kecil lainnya yang memilih menjalankan bisnis secara apa adanya, tanpa berusaha mencari tahu apa yang kurang dari . . . Read more
posted by admin on April 6, 2014
Suasana pelatihan satu hari Implementasi Balanced Scorecard sebagai instrumen penilaian kinerja didepan manajemen SOLOPOS   Perkembangan dunia saat ini semakin sulit di prediksi. Begitu banyak inovasi produk baru yang muncul di pasar. Inovasi-inovasi tersebut memaksa para pemain lama untuk terus membenahi diri atau tersingkir. Kita bisa melihat bagaimana Nokia dan Blackberry yang beberapa tahun lalu menjadi jawara di dunia ponsel, akhirnya harus tumbang karena mereka kalah inovatif dengan pesaing mereka yaitu Apple dan Samsung. Perubahan lingkungan yang demikian cepat ini menyapu hampir semua industri. Salah satu contohnya adalah industri media cetak. Industri media cetak mengalami tekanan besar untuk berinovasi karena perkembangan teknologi informasi . . . Read more
posted by admin on April 14, 2014
Kami menggunakan salah satu pendekatan terbaru dalam memahami bisnis dan mengidentifikasi masalah bisnis yaitu menggunakan Business Model Generation (BMG) yang dikembangkan oleh Ostewarlder dan Pigneur. Alat ini sangat simple namun cukup powerful dalam membantu kita melakukan analisa bisnis. Berdasarkan BMG maka pertanyaan pertama untuk memahami bisnis kita adalah memahami siapa customer kita. Seperti apa segmen dari customer kita. Seberapa jauh kita tahu kebutuhan, keinginan dan selera dari masing-masing segmen tersebut. Kami melakukan sesi ini dengan meminta klien kita untuk mengidentifikasi dengan cermat siapa customer mereka selama ini dan siapa customer yang mereka ingin tuju. Hasil isiannya adalah kurang lebih seperti ini.   Setelah . . . Read more
posted by ratna on April 16, 2014
Perkembangan dunia bisnis khususnya di Jogja saat ini sangat pesat. Mulai dari bisnis kuliner, fashion, property, dsb. Dari yang berjualan secara langsung maupun melalui online. Sehingga para pengusaha saat ini dituntut harus pandai menentukan strategi dalam mengelola bisnisnya agar dapat bersaing dengan para kompetitor. Meskipun bisnisnya sekarang masih dalam skala mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tetapi pemilik harus memikirkan kelangsungan usahanya dalam jangka panjang agar bisnis tersebut dapat berkembang menjadi perusahaan yang besar. Pemilik harus mempunyai strategi supaya produk yang ditawarkan sesuai dengan minat dan kebutuhan para konsumen. Untuk menentukan strategi, terlebih dahulu kita harus memahami mengenai bisnis kita. Kita harus . . . Read more
posted by admin on February 9, 2013
Tahun 2012 baru saja lewat. Apakah anda sudah mengevaluasi laporan keuangan 2012? Apakah ada peningkatan laba di tahun 2012 dibanding tahun sebelumnya? Menurut perhitungan kami tahun 2012, seharusnya perusahaan bisa meraih kenaikan laba sebesar 18%. Perhitungan kami adalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia sebesar 6% per tahun, paling tidak akan memberikan kontribusi kenaikan laba sebesar 3 kalinya. Apabila laba perusahaan anda tidak naik atau naik tetapi kurang dari 18%, maka pasti ada yang hal yang perlu dibenahi dari bisnis anda? Berikut ini kami memberikan beberapa analisa tentang 5 faktor yang perlu anda perhatikan untuk review kinerja tahun 2012 dan merancang strategi . . . Read more
posted by admin on February 9, 2013
Sejak awal SYNCORE berdiri sampai saat ini, mayoritas klien yang kami tangani adalah perusahaan keluarga. Perusahaan tersebut awalnya didirikan karena profesi, hobby atau kebetulan, tanpa pernah menyangka akan menjadi besar. Pada awalnya yang direkrut menjadi karyawan adalah orang-orang dekat, apakah itu saudara, teman, atau tetangga. Pengelolaan perusahaan mengandalkan aspek kepercayaan dan saling gotong royong. Tidak ada job desc. Tidak ada jenjang karir dan tidak ada sistem remunerasi, bahkan tidak ada kontrak atau status karyawan. Ketika perusahaan lambat laun perusahaan mulai membesar timbul masalah. Pemilik perusahaan mulai harus merekrut profesional untuk mengisi posisi dengan keahlian khusus seperti keuangan, manager, HRD dan . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
SYNCORE Consulting memiliki pendekatan unik dalam memberikan layanan konsultasi kepada UKM dan Start Up. Pendekatan tersebut kami rangkum dalam SYNCORE GLOBAL METHODOLOGY yang didasarkan pada metodologi best practice seperti Good Corporate Governance, Value Chain dan Balanced Score Card. Pendekatan-pendekatan tersebut kami ramu sehingga aplikatif untuk menjawab permasalah di UKM dan Start Up di Indonesia. Untuk konsultasi bisnis ada beberapa layanan yaitu: Studi Kelayakan Bisnis / Feasibility Study – melakukan riset untuk menilai kelayakan dari suatu konsep bisnis dengan melihat potensi pasar dan kesiapan tim manajemen. Hasil dari studi kelayakan bisnis ini adalah laporan review menyeluruh dan bisa dilanjutkan dengan penyusunan Strategic Plan . . . Read more