Posts Tagged with dasar

posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 13, 2023
Tanggal 9 Agustus 2023 kembali dilaksanakan pelatihan manajemen dasar keuangan UMKM kloter kedua yang diselenggarakan di kalurahan Trimurti, Kabupaten Bantul.Adelia Sulistyani, seorang konsultan keuangan dari Syncore Consulting, kembali dipercaya sebagai narasumber utama. Dengan dedikasi dan metodenya yang sistematis, Adelia berhasil menyampaikan konsep-konsep manajemen keuangan dengan jelas dan menarik. Materi pelatihan tidak hanya bersifat teoretis, namun juga praktis, memungkinkan peserta untuk langsung menerapkan ilmu yang didapatkan.Sebagai bagian dari inovasi dalam pelatihan, setiap peserta diberikan akses eksklusif ke platform SAAB. Ini adalah sebuah langkah maju, mengingat SAAB merupakan alat digital yang dapat memudahkan UMKM dalam memahami, mencatat, dan menganalisis keuangan usahanya. Keberadaan . . . Read more
posted by KonsultanSyncoreConsulting on December 13, 2023
Tanggal 8 Agustus 2023 Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop) Bantul, bekerja sama dengan Syncore Consulting dan Kejar UMKM (Kelompok Belajar UMKM) sebagai narasumber pelatihan manajemen keuangan bagi 18 pelaku UMKM di Bantul. Adelia Sulistyani selaku konsultan keuangan dari syncore consulting ditugaskan menjadi narasumber pada pelatihan di sesi ini. Pelatihan berlangsung dengan lancar dan telah memberikan manfaat langsung yang dirasakan oleh para peserta.Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi dan sangat kooperatif selama pelatihan berlangsung. Mereka aktif berpartisipasi dalam setiap sesi dan berbagi pengalaman serta tantangan mereka dalam mengelola keuangan usaha mereka. Ini membantu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kolaboratif, yang . . . Read more
posted by Syncore on December 6, 2023
Akuntansi adalah proses identifikasi, pencatatan, pengukuran, pengklasifikasian, pengikhtisaran transaksi dan kejadian keuangan, penyajian laporan, serta penginterpretasian atas hasilnya. Maksud dari proses identifikasi dan pencatatan dalam akuntansi disini adalah setiap kejadian transaksi keuangan diperlukan adanya pencatatan serta identifikasi pada pos-pos akun mana yang sesuai dengan kejadian transaksinya. Begitu pula dengan mengklasifikasi transaksi yang dilakukan termasuk dalam bagian pos akun yang mana saja nanti digunakan ketika sudah melakukan pencatatan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran transaksi kemudian disajikan dalam bentuk laporan keuangan yang sesuai dengan pedoman atau peraturan-peraturan yang mengatur proses penyusunan laporan keuangan.Akuntansi pemerintah merupakan salah satu metode dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah. Penyusunan . . . Read more
posted by Syncore on December 11, 2023
Pengaturan secara teknis implementasi Akuntansi Pemerintah telah diatur Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 tahun 2013 tentang Penerapan SAP Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah.Laporan keuangan pokok yang diatur oleh permendagri tersebut juga sesuai dengan SAP yaitu laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.Basis akuntansi yang biasa digunakan Pemerintah Daerah terbagi menjadi dua, yaitu Basis Kas dan Basis Akrual.1.Basis Kas Basis Akuntansi yang digunakan dengan laporan keuangan pemerintah adalah basis kas untuk pengakuan realisasi atas pendapatan, belanja, dan pembiayaan dalam laporan realisasi anggaran.Basis kas untuk laporan . . . Read more
posted by Syncore on December 5, 2023
Salah satu bentuk pengelolaan keuangan yang dapat dilakukan oleh pemerintahan daerah adalah membentuk BLUD yang mana pengelolaannya diberi fleksibilitas dikecualikan dari pengelolaan keuangan daerah pada umumnya.Selama dalam koridor pencapaian sasaran dan tujuan SKPD yang membawahinya serta visi misi dari pemerintah daerah terkait.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan peraturan teknis terkait BLUD melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah (selanjutnya disingkat Permendagri 79/2018).Permendagri 79/2018 bertujuan untuk dijadikan pedoman teknis dalam pendirian dan pengelolaan dari Badan layanan Umum Daerah, termasuk pengelolaan keuangannya Kemudian dari segi pertanggungjawaban atas pengelolaan BLUD dilakukan penyajian laporan keuangan seperti . . . Read more
posted by konsultanbumdes on December 7, 2023
Bumdes.id – BUM Desa sering kali gagal atau usahanya tidak dijalankan. Salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah adanya kesalahan dalam pemilihan usaha BUM Desa. Kesalahan pemilihan usaha BUM Desa secara umum dikarenakan usaha yang dipilih atau ditentukan bukan berdasarkan potensi maupun permasalahan yang ada di Desa.Untuk dapat menggali potensi dan permasalahan di Desa, dapat dilakukan dengan cara melakukan melakukan pemetaan potensi dan permasalahan dengan metode Pemetaan Bentang. Pemetaan Bentang merupakan sebuah konsep untuk mengukur, menghitung dan mengamati segala hal yang terdapat dalam suatu wilayah untuk kemudian dikelompokan kedalam bidang yang sesuai. Pemetaan bentang berguna untuk menganalisis potensi dan permasalahan yang . . . Read more
posted by danik on August 5, 2016
Badan Layanan Umum sesuai ketentuan PP23/2005 harus menyusun laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan (SAK), yang terdiri dari Neraca, Laporan Aktivitas, Laporan Arus Kas dan CALK. Meskipun demikian BLUD/BLU masih harus tetap menyusun Laporan Realisasi Anggaran dan Laporan Keuangan berbasis Standar Akuntansi Pemerintah. Selanjutnya laporan tersebut harus diaudit oleh auditor independen. Masih banyak bagian keuangan BLU/BLUD yang belum memahami cara penyusunan Laporan Keuangan berbasis SAK tersebut. Berikut dasar-dasar penyusunan laporan keuangan berbasis SAK:1. Ketentuan PP No 23/2005 2.Peraturan Menteri Keuangan No. 76/PMK.05/2008 tentang Pedoman Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Badan Layanan Umum; 3.Permendagri No . . . Read more