Gimana Jadinya jika perusahaan tidak mempunyai Standard Operating Procedure (SOP) Keuangan?
SOP, yang terkait dengan keuangan, diperlukan dalam sebuah perusahaan.
Tanpa aturan yang jelas untuk pengelolaan keuangan maka sangat dimungkinkan terjadi penyelewengan atau pemborosan.
Untuk itu…
Menyusun SOP Keuangan itu penting.
Perusahaan harus memiliki pengendalian internal yang memadai dan mampu menghasilkan informasi keuangan yang dapat difahami, relevan, dapat di bandingkan, dapat diandalkan, serta sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi umum yang berlaku.
Nah,
Bagi Anda yang ingin mendaptakan informasi keuangan secara tepat waktu, akurat, lengkap.
Mungkin saatnya Anda untuk memiliki SOP Keuangan untuk perusahaan Anda.
SYNCORE siap untuk membantu dalam menyusun SOP Keuangan yang sesuai dengan karakteristik perusahaan Anda.
Mengapa?
Karena SYNCORE sudah berpengalaman dalam penyusunan SOP Keuangan yang lebih fokus dan selesai tepat waktu dengan didampingi oleh konsultan keuangan yang berpengalaman.
Penyusunan SOP Keuangan ini bertujuan untuk:
- Memberikan pedoman kebijakan, alur dan prosedur akuntansi keuangan yang harus ditempuh agar sesuai dengan perkembangan praktik-praktik akuntansi yang lazim berlaku di Indonesia, serta memudahkan dalam menyusun laporan keuangan bagi staf akuntansi dan keuangan.
- Agar terdapat keseragaman dan konsistensi dalam pencatatan transaksi keuangan.
- Agar terjaga kualitas laporan keuangan yang dapat diandalkan, netral / tidak berpihak, memberikan informasi yang lengkap, dan dapat diperbandingkan.
- Agar mampu menghasilkan laporan keuangan yang tepat waktu dan dapat dimengerti, sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi semua pemakai laporan.
- Agar aktivitas keuangan dijalankan dengan sistem pengendalian internal yang memadai.
Output apa saja yang dapat dihasilkan?
1.Pedoman Kebijakan Akuntansi dan Keuangan
2.Prosedur Pencatatan dan Pelaporan Akuntansi
Program Kerja
No | Proses | Keterangan |
1 | Initial Meeting | Mengumpulkan kebutuhan dan ekspektasi klien, lewat tatap muka, email atau telepon. Memberikan penjelasan tentang apasaja yang SYNCOREbisa bantu |
2 | Penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK) | Menyusun ruang lingkup, jangka waktu, bentuk output, dan rancangan tahapan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di klien |
3 | Kick Off Meeting | Mempresentasikan kerangka acuan kerja, membahas dan menandatangani Surat Perjanjian Kerja (SPK), membuat surat tugas untuk Team SYNCORE, mengenalkan Team SYNCORE ke karyawan klien yang terkait. |
4 | Penyusunan Program Kerja | Menyusun program kerja dari pemahaman awal lewat wawancara dengan owner, manajer atau karyawan kunci, dengan sudah merinci pembagian pekerjaan /penanggungjawab (PIC) dan batas waktu/deadline di masing-masing pekerjaan tersebut, termasuk juga menyepakati jadwal kunjungan ke klien dan presentasi draft hasil pekerjaan |
5 | Assessment & Preliminary | Melakukan pemetaan masalah lewat telaah dokumen, wawancara mendalam, diskusi maupun kuesioner dan mengklasifikasikan masalah-masalah ke dalam kelompok masalah dan memberikan rekomendasi |
6 | Penyusunan SOP | Menyusun Buku 1 dan Buku 2 dengan terlebih dahulu melakukan observasi, wawancara, dan review dokumen-dokumen yang ada di klien. |
7 | Presentasi & Pelaporan | Melakukan presentasi atas draft SOP untuk meminta klarifikasi dari klien atas kesesuaian antara SOP yang disusun dengan kondisi klien dan mencetak dalam bentuk buku untuk versi final. |
Apabila perusahaan Anda kesulitan dalam menyusun SOP Keuangan, silahkan menghubungi :
Diana Septi A
CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id
Telepon Kantor: 0274 – 488 599
Tulis Komentar